ANALISIS KINERJA TEKNOLOGI LOSSLESS AUDIO CODING MENGGUNAKAN PENILAIAN SUBJEKTIF DAN OBJEKTIF UNTUK APLIKASI BINAURAL AUDIO

Sisi, Indriani (2022) ANALISIS KINERJA TEKNOLOGI LOSSLESS AUDIO CODING MENGGUNAKAN PENILAIAN SUBJEKTIF DAN OBJEKTIF UNTUK APLIKASI BINAURAL AUDIO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Teknologi multimedia yang saat ini berkembang pesat adalah audio. Berbagai teknik kompresi yang dikembangkan salah satunya adalah teknologi lossless audio coding. Hal ini karena teknik kompresi ini dapat merekonstruksi kembali audio hasil kompresi dan hasilnya yang lebih tahan terhadap noise. Dalam kasus ini, penulis ingin mengetahui kinerja audio hasil kompresi lossless jika ditambahkan noise secara sengaja ke dalamnya. Binaural audio merupakan audio yang mengalami perkembangan pada saat ini. Gelombang audio mengenai setiap telinga pada waktu dan volume yang berbeda sehingga memberikan efek nyata. Kemudian otak menerima informasi dan dapat mengetahui asal usul suara tersebut. Audio ini dapat digunakan sebagai sampel penelitian pada tugas akhir ini. Binaural audio dikompresi dengan variasi bit per sampel 16 dan 24 melalui aplikasi MATLAB. Kemudian audio hasil kompresi ini ditransmisikan dan ditambahkan noise ke dalamnya menggunakan aplikasi Audacity. Noise yang ditambahkan merupakan white noise dengan variasi daya yang ditentukan. Kemudian audio tersebut dinilai kualitasnya menggunakan penilaian subjektif sesuai standar ITU-R BS.1116-3, objektif sesuai standar ITU-R BS.1387-1, dan SNR menggunakan binaural audio sebagai sampel yang diujikan. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi daya white noise yang diinputkan maka semakin rendah kualitas audio.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ikhwana Elfitri, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Lossless, binaural, dan noise.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 18 May 2022 03:03
Last Modified: 18 May 2022 03:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103844

Actions (login required)

View Item View Item