Penentuan Aktivitas Antibakteri Dari Monolaurin Emulsi Virgin Coconut Oil Dalam Air Dan Aktivitas Lipase Candida kefyr Pada Proses Fermentasi VCO

Nurhasnah, Risa (2022) Penentuan Aktivitas Antibakteri Dari Monolaurin Emulsi Virgin Coconut Oil Dalam Air Dan Aktivitas Lipase Candida kefyr Pada Proses Fermentasi VCO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
Bab I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Kesimpulan dan Saran)
Bab V. Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI RISA NURHASNAH_1710412003.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Virgin Coconut Oil (VCO) merupakan produk olahan daging kelapa yang bermanfaat bagi kesehatan. VCO memiliki kemampuan sebagai antibakteri karena kandungan asam laurat dan monolaurin nya yang tinggi. Prosedur penelitian ini diawali dengan proses fermentasi VCO yang dilakukan secara alami yang terbentuk tiga lapisan, yakni lapisan atas berupa minyak (VCO), lapisan tengah berupa blondo dan lapisan bawah berupa air. Pada lapisan air didapatkan emulsi virgin coconut oil dalam air (EVCO) dan menjadi media yang baik untuk pertumbuhan Candida kefyr. Dalam penelitian ini telah dilakukan penentuan aktivitas antibakteri dari emulsi virgin coconut oil dalam air yang terkait dengan keberadaan Candida kefyr. Teknik difusi agar digunakan untuk mengevaluasi aktivitas antibakteri terhadap Saphylococcus aureus dan Escherichia coli. Isolat C. kefyr diisolasi dan diidentifikasi dari sampel EVCO. Asam lemak yang dihasilkan dari hidrolisis trigliserida dikarakterisasi dengan kromatografi lapis tipis. Aktivitas lipase isolat C. kefyr juga ditentukan. Emulsi virgin coconut oil dalam air aktif melawan kedua bakteri dengan diameter zona hambat sebesar 14,15 mm terhadap Saphylococcus aureus dan 10,48 mm terhadap Escherichia coli. Kromatografi lapis tipis memastikan adanya monogliserida berupa monolaurin dan asam lemak bebas. Uji aktivitas enzim lipase didapatkan isolat Candida kefyr berpotensi dalam menghasilkan enzim lipase ekstraseluler dengan zona bening yang terbentuk sebesar 10,11 mm dengan aktivitas lipase sebesar 0,0602 U/mL dan aktivitas spesifik 0,2142 U/mg pada waktu fermentasi maksimum 4 hari (96 jam).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Sumaryati Syukur
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 17 May 2022 06:56
Last Modified: 17 May 2022 06:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103744

Actions (login required)

View Item View Item