PENGEMBANGAN KAPASITAS DALAM PENGELOLAAN HUTAN NAGARI OLEH DINAS KEHUTANAN DI NAGARI SALIBUTAN LUBUK ALUNG KECAMATAN LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Yogi, Yogi Arian (2022) PENGEMBANGAN KAPASITAS DALAM PENGELOLAAN HUTAN NAGARI OLEH DINAS KEHUTANAN DI NAGARI SALIBUTAN LUBUK ALUNG KECAMATAN LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Yogi Arian + Lampiran_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Yogi Arian, 1510842030, Pengembangan Kapasitas dalam Pengelolaan Hutan Nagari oleh Dinas Kehutanan di Nagari Salibutan Lubuk Alung Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang 2022. Dibimbing oleh: Dr. Desna Aromatica, S.AP, M.AP dan Wewen Kusumi Rahayu, S.AP, M.Si. 181 halaman dengan referensi 15 buku teori, 6 buku metode, 4 skripsi, 7 jurnal, 11 peraturan, dan 7 website internet. Nawacita dalam bentuk reforma agraria berupa perhutanan sosial bertujuan memberikan kewenangan kepada nagari untuk mengelola hutannya sendiri. Program perhutanan sosial ditujukan untuk masyarakat yang hidup didalam maupun sekitar hutan yang dibagi kedalam 5 (lima) skema perhutanan sosial. Hutan Nagari adalah lembaga perhutanan sosial yang dikelola oleh LPHN. Dinas Kehutanan selaku pihak yang diamanatkan dalam Peraturan Gubernur nomor 52 tahun 2018 perlu melakukan pengembangan kapasitas sumber daya manusia, organisasi, maupun sistem agar LPHN mampu mengelola hutan nagari sesuai ketentuan yang berlaku. Sejak tahun 2013-2021 LPHN Nagari Salibutan Lubuk Alung berhasil meraih total lebih dari 18 penghargaan dengan berbagai kategori, hal ini membuktikan bahwa LPHN Nagari Salibutan Lubuk Alung merupakan lembaga perhutanan sosial terbaik dan konsisten dalam melaksanakan pengelolaan hutan nagari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengembangan kapasitas dalam pengelolaan hutan nagari oleh Dinas Kehutanan di Nagari Salibutan Lubuk Alung Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten padang Pariaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis menggunakan teori tingkatan pengembangan kapasitas menurut GTZ yaitu tingkat individu, tingkat organisasi, dan tingkat sistem. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa upaya pengembangan kapasitas LPHN Nagari Salibutan Lubuk Alung pada tingkat individu, organisasi, dan sistem dalam mendukung pengelolaan hutan nagari sudah berjalan cukup baik. Namun masih perlu peningkatan terhadap pemberian motivasi berupa reward dan penyampaian kemajuan kepada LPHN lain. Selain itu perlu adanya penganggaran untuk kepastian finansial pengurus LPHN Nagari Salibutan Lubuk Alung supaya kemungkinan mantan penebang liar kembali lagi menjadi penebang liar jadi semakin kecil. Serta perlunya pemberian kendaraan operasional bagi LPHN Nagari Salibutan Lubuk Alung dalam menjalankan pengelolaan hutan nagari. Kata Kunci: Pengembangan Kapasitas, Pengelola Hutan Nagari. LPHN Nagari Salibutan Lubuk Alung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 17 May 2022 03:51
Last Modified: 17 May 2022 03:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103736

Actions (login required)

View Item View Item