Analisis Paparan Radiasi Elektomagnetik di Jaringan Distribusi PT.PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Payakumbuh

Nidham, Faadhil As'ad (2022) Analisis Paparan Radiasi Elektomagnetik di Jaringan Distribusi PT.PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Payakumbuh. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
TA FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu pekerjaan yang akan terdampak radiasi elektromagnetik ke pekerja perusahaan milik BUMN yaitu PT PLN (Persero). Kegiatan PT PLN (Persero) dalam menjalankan penyediaan tenaga listrik seperti kegiatan pembangkit, penyaluran dan distribusi. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi risiko paparan radiasi elektromagnetik pada lingkungan kerja bagian distribusi di PT PLN (Persero) UP3 Payakumbuh. Pengukuran radiasi medan magnet menggunakan alat EMF Field Tester (EMF-823). Pengukuran radiasi elektromagnetik pada lingkungan kerja PT PLN (Persero) UP3 Payakumbuh bagian jaringan distribusi seperti pekerjaan di area Tranformator (Trafo Step Down), Jaringan Tegangan Menengah (JTM), dan Load Break Switch (LBS). Pengukuran dilakukan di 26 lokasi terdiri dari 11 lokasi pekerjaan trafo, 3 lokasi pekerjaan JTM, dan 12 lokasi pekerjaan LBS. Lokasi penelitian dilaksanakan di 26 lokasi yang disesuaikan dengan jadwal pekerjaan pada bulan November 2021-Januari 2022 selama penelitian ini. Pengukuran dilakukan pada saat pekerjaan berlangsung dan setelah pekerjaan dilaksanakan. Titik pengukuran pada pekerja dilakukan pada sumber, jarak 1 m, 2 m, dan 3 m dari sumber radiasi, dan pada masyarakat yang berada dekat dengan sumber sebanyak 2 titik. Hasil penelitian menunjukkan tingkat radiasi medan magnet yang terukur pada masing-masing pekerjaan menunjukkan nilai radiasi medan magnet berkisar antara 0,01-0,12 µT. Hal ini menandakan bahwa tingkat radiasi medan magnet yang terukur masih memenuhi baku mutu Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 70 tahun 2016 dan International Commission and Non-Ionizing Radiation Protection (ICNIRP) yang artinya tidak berisiko bagi pekerja dan masyarakat sekitar sumber radiasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rinda Andhita Regia, M.T Resti Ayu Lestari, M.T
Uncontrolled Keywords: Medan magnet, PT. PLN UP3 Payakumbuh, Radiasi elektromagnetik
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 17 May 2022 02:53
Last Modified: 17 May 2022 02:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103693

Actions (login required)

View Item View Item