PENGARUH PENAMBAHAN GLISEROL MENTAH LIMBAH INDUSTRI BIODIESEL TERHADAP PRODUKSI BIOGAS DARI KOTORAN SAPI MENGGUNAKAN ANAEROBIC DIGESTER SISTEM BATCH

Nelsy, Mariza Syahyuda (2022) PENGARUH PENAMBAHAN GLISEROL MENTAH LIMBAH INDUSTRI BIODIESEL TERHADAP PRODUKSI BIOGAS DARI KOTORAN SAPI MENGGUNAKAN ANAEROBIC DIGESTER SISTEM BATCH. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
2. BAB I fiks.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA fiks.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img] Text (Thesis full text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Biogas adalah gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik dalam menguraikan bahan organik dengan kandungan utama metana (CH4) dan karbon diokasida (CO2). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gliserol mentah dengan campuran kotoran sapi dalam memproduksi biogas. Digester menggunakan sistem batch skala laboratorium. Variasi pada penelitian ini adalah campuran kotoran sapi dengan penambahan gliserol mentah sebanyak 0, 4, 8, dan 12%. Semua variasi dengan volume total 350 mL. Pengukuran volume biogas dilakukan setiap hari. Pengukuran konsentrasi CH4 dan CO2 diukur menggunakan alat Geotech Biogas 5000 analyzer. Parameter yang diukur adalah COD, BOD, TS dan VS dan untuk pH diukur di awal serta di akhir proses. Suhu lingkungan diukur setiap hari dengan interval waktu selama 30 menit menggunakan alat Weather Station model PCE-FWS 20. Hasil penelitian menunjukkan lama waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi biogas adalah 14 hari. Volume biogas tertinggi adalah 836 mL, pada variasi penambahan gliserol mentah 12%. Gliserol mentah yang ditambahkan memiliki COD 475,2 mg/L, BOD 133,22 mg/L, TS 20% dan VS 14,8%. Konsentrasi CH4 tertinggi juga didapatkan dari variasi penambahan gliserol mentah 12% yaitu 44,1%. Sedangkan volume biogas terendah adalah 292 mL pada digester tanpa penambahan gliserol mentah. Konsentrasi CH4 terendah didapatkan pada variasi penambahan gliserol mentah 8% yaitu 15,5%. Identifikasi bakteri yang berperan dalam proses produksi biogas berdasarkan uji biokimia dengan Bergey’s manual adalah genus Bacillus. Bakteri ini berperan dalam proses pendegradasi bahan organik yang ada di dalam digester. Kata kunci : Bacillus, batch digester, biogas, gliserol mentah, konsentrasi CH4.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Fadjar Goembira, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Bacillus, batch digester, biogas, gliserol mentah, konsentrasi CH4.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 17 May 2022 02:35
Last Modified: 17 May 2022 02:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103656

Actions (login required)

View Item View Item