INDUKSI KALUS DAUN KENANGA (Cananga odorata (Lam.)) DENGAN PEMBERIAN BERBAGAI KOMBINASI NAA DAN BAP SECARA KULTUR IN VITRO

Maya, Friska Yuda (2022) INDUKSI KALUS DAUN KENANGA (Cananga odorata (Lam.)) DENGAN PEMBERIAN BERBAGAI KOMBINASI NAA DAN BAP SECARA KULTUR IN VITRO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK SKRIPSI .pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman kenanga merupakan salah satu tanaman penghasil minyak atsiri yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Namun, dalam pengembangannya masih mengalami kendala dalam hal ketersediaan bibit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kombinasi NAA dan BAP terhadap pertumbuhan kalus eksplan daun kenanga secara kultur in vitro, dan mengetahui berapa kombinasi NAA dan BAP terbaik terhadap pertumbuhan kalus eksplan daun kenanga secara kultur in vitro. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Kultur Jaringan Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan, yaitu 0 ppm NAA + 0 ppm BAP, 0.75 ppm NAA + 4.0 ppm BAP, 1.50 ppm NAA + 3.0 ppm BAP, 2.25 ppm NAA + 2.0 ppm BAP, dan 3.00 ppm NAA + 1.0 ppm BAP. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji F pada taraf nyata 5% dan apabila berbeda nyata dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian diperoleh pemberian berbagai kombinasi NAA dan BAP berpengaruh terhadap pertumbuhan kalus eksplan daun kenanga, kecuali pada waktu mulai berkalus. Pemberian kombinasi NAA dan BAP mampu meningkatkan persentase eksplan membentuk kalus eksplan daun kenanga. Kemudian, kombinasi 3.00 ppm NAA dan 1.0 ppm BAP mampu meningkatkan diameter kalus dan bobot kalus eksplan daun kenanga dengan warna kalus yang dihasilkan warna hijau tua dan tekstur kalus kompak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Etti Swasti, MS
Uncontrolled Keywords: BAP, induksi kalus, kenanga, kombinasi, NAA
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 14 May 2022 03:08
Last Modified: 14 May 2022 03:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103564

Actions (login required)

View Item View Item