PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI SUKROSA TERHADAP PEMBENTUKAN UMBI MIKRO TIGA VARIETAS KENTANG (Solanum tuberosum L.) SECARA IN VITRO

Mifta, Hasena (2022) PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI SUKROSA TERHADAP PEMBENTUKAN UMBI MIKRO TIGA VARIETAS KENTANG (Solanum tuberosum L.) SECARA IN VITRO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover+Abstrak Mifta Hasena.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I Mifta Hasena.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB V Mifta Hasena.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA Mifta Hasena.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Mifta Hasena 1710212010 Skripsi Fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kentang (Solanum tubeosum L.) merupakan salah satu tanaman hortikultura yang berperan penting dalam diversifikasi pangan dan bernilai ekonomis tinggi. Mikropropagasi umbi kentang diharapkan dapat meningkatkan mutu dan ketersediaan benih kentang. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan interaksi antara berbagai konsentrasi sukrosa dan tiga varietas kentang terhadap pembentukan umbi mikro kentang secara in vitro, mendapatkan konsentrasi sukrosa terbaik terhadap pertumbuhan umbi mikro tiga varietas kentang dan mendapatkan varietas kentang yang menghasilkan umbi mikro kentang terbaik secara in vitro. Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Kultur Jaringan, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Limau Manis, Padang pada bulan Agustus-November 2021. Penelitian ini menggunakan Metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dua faktor dengan tiga ulangan. Faktor pertama adalah varietas kentang yang terdiri atas tiga taraf (Garanola, Red Pontiac dan Atlantik) sedangkan faktor kedua adalah konsentrasi sukrosa yang terdiri atas empat taraf (90g/L, 120g/L, 150g/L, dan 180g/L). Data dianalisis menggunakan uji F (Fisher Test) pada taraf 5%, dan apabila nilai F hitung besar dari F tabel maka dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian memberikan interaksi pada bobot segar berangkasan tanaman, namun tidak terjadi interaksi antara tiga varietas kentang dengan pemberian berbagai konsentrasi sukrosa terhadap pembentukan umbi mikro kentang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Warnita, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 14 May 2022 03:52
Last Modified: 14 May 2022 03:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103545

Actions (login required)

View Item View Item