EFEKTIVITAS KONSENTRASI DAN WAKTU PEMBERIAN PAKLOBUTRAZOL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG PUTIH (Allium sativum L.) VARIETAS LUMBU HIJAU

Nadia, Khairunnisa (2022) EFEKTIVITAS KONSENTRASI DAN WAKTU PEMBERIAN PAKLOBUTRAZOL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG PUTIH (Allium sativum L.) VARIETAS LUMBU HIJAU. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bawang putih merupakan salah satu sayuran bernilai ekonomis tinggi di Indonesia. Produksi bawang putih nasional sangat rendah sehingga impor bawang putih menjadi sangat tinggi, oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan hasil bawang putih. Salah satu cara untuk meningkatkan produksi bawang putih adalah dengan pemberian paklobutrazol pada berbagai konsentrasi dan waktu pemberian. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan interaksi antara konsentrasi dan waktu pemberian paklobutrazol, untuk mendapatkan konsentrasi, waktu pemberian paklobutrazol yang menghasilkan pertumbuhan dan hasil bawang putih terbaik. Metode penelitian berupa percobaan lapangan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial. Faktor pertama berupa konsentrasi paklobutrazol yang terdiri atas 2 taraf yaitu 250 dan 500 mg/liter air. Faktor kedua berupa waktu pemberian paklobutrazol dengan 3 taraf yaitu 6 dan 10 MST, 8 dan 12 MST, serta 10 dan 14 MST. Data dianalisis dengan sidik ragam melalui uji F pada taraf 5%. Jika F hitung perlakuan berbeda nyata maka akan dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan Pemberian paklobutrazol dengan konsentrasi 250 mg/l menghasilkan bobot siung yang lebih besar daripada konsentrasi 500 mg/l dengan rata-rata sebesar 1,80 g/siung. Waktu pemberian paklobutrazol 10 dan 14 MST menghasilkan diameter batang semu, diameter umbi, bobot kering angin umbi per tanaman, per petak, dan per hektar terbaik, meskipun bobot siung terbesar dan terkecilnya adalah terendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nilla Kristina, SP. M.Sc
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi, Waktu, Paklobutrazol, Bawang Putih.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 13 May 2022 08:21
Last Modified: 13 May 2022 08:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103455

Actions (login required)

View Item View Item