PENGARUH PENDIDIKAN SEKSUAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK PEREMPUAN USIA SEKOLAH DALAM MENCEGAH RESIKO KEKERASAN SEKSUAL SAAT BENCANA GEMPA BUMI DI RW 03 KELURAHAN

Aisyah, Yuriska Putri (2022) PENGARUH PENDIDIKAN SEKSUAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK PEREMPUAN USIA SEKOLAH DALAM MENCEGAH RESIKO KEKERASAN SEKSUAL SAAT BENCANA GEMPA BUMI DI RW 03 KELURAHAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
cover dan abstrak aisyah.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB 1 AISYAH.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB PENUTUP AISYAH.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA AISYAH.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img] Text (Kia full taxt)
KARYA ILMIAH AKHIR Aisyah Yuriska Putri Siap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia berada di wilayah yang rawan terjadi bencana alam terkhususnya gempa bumi. Pada situasi bencana berpotensi terjadi kekerasan seksual. dan anak yang tidak tahu apaapa tentang seks akan beresiko untuk menjadi korban. Tujuan penelitian yaitu mengetahui pengaruh pendidikan seksual terhadap pengetahuan dan sikap anak perempuan usia sekolah dalam mencegah resiko kekerasan seksual saat bencana gempa bumi di Kelurahan Pasie Nan Tigo. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan preexperimental design dengan jenis pre-test and post-test one group design, dengan total sampling sebanyak 38 anak perempuan usia sekolah di RW 03. Hasil penelitian yaitu responden dengan umur terbanyak pada umur 11 tahun sebanyak 9 orang (23,7%), dan pendidikan terbanyak kelas 5 SD sebanyak 12 orang (31,6%). Responden dengan pengetahun baik sebanyak 33 responden (86,6%) untuk sebelum tindakan dan 35 responden (92,1%) untuk sesudah tindakan. Responden dengan sikap positif sebanyak 22 responden (57,9%) untuk sebelum tindakan dan 29 responden (76,3%) untuk sesudah tindakan. Didapatkan tidak adanya pengaruh pendidikan seksual terhadap pengetahuan pada anak perempuan usia sekolah dalam mengurangi resiko kekerasan seksual saat bencana gempa bumi (0,157) dan adanya pengaruh pendidikan seksual terhadap sikap pada anak perempuan usia sekolah dalam mengurangi resiko kekerasan seksual saat bencana gempa bumi (0,008). Saran peneliti yaitu diharapkan menggunakan media audiovisual dengan kelompok kecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: pendidikan seksual, pengetahuan, sikap
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 May 2022 09:15
Last Modified: 13 May 2022 09:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103438

Actions (login required)

View Item View Item