Kesiapsiagaan Siswa Pesantren Putra Kanzul Ulum dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang Tahun 2021

Sutrisno, Ananda Prastuti (2022) Kesiapsiagaan Siswa Pesantren Putra Kanzul Ulum dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang Tahun 2021. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (889kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir (Penutup Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi kesiapsiagaan pada remaja, seperti lingkungan dimana remaja tersebut tinggal, seperti pada siswa Pesantren Putra Kanzul Ulum yang tinggal 100 meter dari pinggir pantai. Sejak berdirinya, Pesantren Putra Kanzul Ulum belum pernah mendapatkan pelatihan kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapsiagaan siswa Pesantren Putra Kanzul Ulum dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami di Kelurahan Pasie Nan Tigo. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah siswa Pesantren Putra Kanzul Ulum yang berjumlah 86 siswa dengan menggunakan teknik sampling proportional stratified random sampling dan memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner LIPI-UNESCO/ISDR (2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 60,5% siswa Pesantren Putra Kanzul Ulum memiliki tingkat kesiapsiagaan sedang dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami. Parameter pengetahuan bencana sebanyak 61,6% siswa dengan kategori sedang, parameter rencana tanggap darurat bencana sebanyak 69,8% siswa dengan kategori rendah, parameter sistem peringatan bencana sebanyak 66,3% siswa dengan kategori rendah, dan parameter mobilisasi sumber daya sebanyak 87,2% dengan kategori rendah. Disarankan kepada Pesantren Putra Kanzul Ulum bekerja sama dengan instansi terkait kebencanaan agar mengadakan penyuluhan dan simulasi bencana serta memfasilitasi sarana prasarana yang ada terkait kebencanaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 May 2022 08:33
Last Modified: 13 May 2022 08:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103435

Actions (login required)

View Item View Item