PERSEPSI ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK USIA 6SAMPAI 11 TAHUN TERHADAP VAKSIN COVID-19 DI RW 03 KELURAHAN PASIEN NAN TIGO, KECAMATAN KOTO TANGAH

Sintia, Enika (2022) PERSEPSI ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK USIA 6SAMPAI 11 TAHUN TERHADAP VAKSIN COVID-19 DI RW 03 KELURAHAN PASIEN NAN TIGO, KECAMATAN KOTO TANGAH. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I1.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab v)
BAB V.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
KIA_2041312125_ Enika Sintia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PemberianvaksinasiCOVID-19 Coronavac produksi Sinovac untuk anak usia 6 sampai 11 tahun, memunculkan berbagai macam persepsi orang tua. Orang tua tidak akan memvaksinasi anaknya karena takut akan efek dan resiko setelah di vaksinasi, takut vaksinasi membuat anaknya cacat, dan juga ada yang mengatakan akan memvaksin anaknya karena tuntutan dari proses belajar mengajar (PBM) yang mengharuskan anak usia sekolah divaksinasi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana persepsi orang tua yang memiliki anak usia 6 sampai 11 tahun terhadap vaksin di RW 03 Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.Metode penelitian berupa metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan melibatkan metode eksplorasi langsung. Teknik pengambilan partisipan menggunakan teknik purposive sampling, didapatkan 5 partisipan, berdasarkan kriteria inklusi yaitu orang tua yang memiliki anak usia 6 sampai 11 tahun yang berada di RW 03 Pasie Nan Tigo dan orang tua yang salah satunya sudah melakukan vaksin COVID-19. Teknikpengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (In-Depth Interview). Hasil wawancara ditranskrip secara verbatim dan diolah sehingga menghasilkan 3 tema yaitu: 1) pengetahuan orang tua tentang COVID-19. 2) pengetahuan orang tua tentang vaksinasi COVID-19. 3) persepsi orang tua terhadap kurangnya penerimaan vaksinansi COVID-19 pada anak usia 6-11 tahun. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, tenaga kesehatan mampu untuk meningkatkan edukasi tentang vaksinasi COVID-19 kepada orang tua meliputi; efek vaksinasi, tujuan dan manfaat dari vaksinasi COVID-19pada anak dan klarifikasi isu tentang vaksinasi COVID-19 sehingga masyarakat terutama orang tua mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Agus Sri Banowo, S.Kp, MPH
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 May 2022 09:00
Last Modified: 13 May 2022 09:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103434

Actions (login required)

View Item View Item