GAMBARAN SELF EFFICACY KADER KAMPUNG SIAGA BENCANA (K2SB) DALAM MELAKSANAKAN PERANNYA MENGAJARKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) DI RW 04 KELURAHAN PASIE NAN TIGO

Meylia, Genna (2022) GAMBARAN SELF EFFICACY KADER KAMPUNG SIAGA BENCANA (K2SB) DALAM MELAKSANAKAN PERANNYA MENGAJARKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) DI RW 04 KELURAHAN PASIE NAN TIGO. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img] Text (KIA)
KIA_2041312040_Genna Meylia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kader kampung siaga bencana berperan penting pada saat bencana, salah satunya memberikan P3K kepada masyarakat. K2SB di RW 04 sudah dibekali pelatihan P3K yang akan disampaikan kepada masyarakat. Hanya orang tertentu saja yang dapat memberikan P3K, maka dari itu perlu diukur self efficacy K2SB agar dapat melakukan perannya dengan baik. Tujuan penelitian ini melihat bagaimana gambaran self efficacy K2SB melakukan perannya mengajarkan P3K kepada masyarakat RW 04 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Metode yang digunakan adalah studi kasus eksplanatori dengan jumlah populasi 8 orang dan sampel 5 orang menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dengan wawancara terpimpin yang menggunakan panduan wawancara. Analisa data yang didapatkan berjumlah 2 tema yaitu pengetahuan P3K dengan subtema definisi P3K, tujuan P3K, dan manfaat P3K dan dimensi self efficacy K2SB dengan subtema keyakinan dalam penguasaan materi P3K, keyakinan memiliki keterampilan yang cukup untuk dapat mengajarkan P3K kepada masyarakat, keyakinan dapat mengatasi hambatan saat memberikan materi P3K kepada masyarakat, dan keyakinan dapat memberikan materi P3K kepada masyarakat. Hasil dari penelitian ini adalah semua partisipan mengetahui pengetahuan tentang P3K yang mana akan mempengaruhi sumber self efficacy K2SB dan semua partisipan memiliki keyakinan melaksanakan perannya untuk mengajarkan P3K kepada masyarakat yang dilihat dari dimensi self efficacy K2SB. Diharapkan K2SB dapat meningkatkan self efficacy dalam melaksanakan perannya dengan melakukan pelatihan P3K lagi dan diharapkan dalam menjalankan perannya, baik itu pada tahap prabencana, saat bencana, maupun pascabencana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 May 2022 04:29
Last Modified: 13 May 2022 04:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103397

Actions (login required)

View Item View Item