Studi Numerik Perilaku Dinding Geser Pelat Baja Dengan Penambahan Perforasi Arah Diagonal Tekan Akibat Pembebanan Statik Monotonik

Sri, Dewi Susanti (2022) Studi Numerik Perilaku Dinding Geser Pelat Baja Dengan Penambahan Perforasi Arah Diagonal Tekan Akibat Pembebanan Statik Monotonik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Dinding Geser Pelat Baja (Steel Plate Shear Wall) merupakan salah satu inovasi bangunan tahan gempa. Dinding geser pelat baja (steel plate shear wall) merupakan suatu elemen struktur berupa dinding vertikal yang terbuat dari baja yang berfungsi untuk menahan pengaruh-pengaruh gaya lateral. Berdasarkan penelitain yang telah dilakukan, SPSW (Steel Plate Shear Wall) memberikan kapasitas geser dan daktilitas yang lebih tinggi dalam melawan gaya lateral. SPSW (Steel Plate Shear Wall) memiliki kapasitas seismik yang lebih tinggi dari pada sistem penahan beban lateral lainya, serta memberikan kekakuan lateral yang lebih tinggi yang menghasilkan sedikit simpangan dibandingkan sitem lainya. Penelitian mengenai Steel plate shear wall (SPSW) terus terus dilakukan dengan berbagai inovasi, salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan memberikan lubang/perforasi pada SPSW. SPSW pelat baja dengan perforasi berfungsi untuk mengurangi kekuatan, selain itu SPSW pelat baja juga memungkinkan penggunaa pelat tebal yang meningkatkan kekakuan dan kapasitas disipasi energi tanpa harus meningkatkan ukuran dari balok dan kolom. Pada penelitian ini, peneliti akan menganalisa kinerja dinding geser pelat baja dengan variasi perforasi/ jumlah lubang pada daerah diagonal tekan. Pelat yang digunakan pada penelitian ini divariasikan menjadi 2 ketebalan, yaitu tebal 1 mm dan 2 mm. Perforasi diberikan mulai dari 3,15% sampai dengan 40,97%. Diameter lubang yang diberikan pada pelat adalah 50 mm. Pada penelitian ini, pelat yang diteliti menggunakan mutu baja BJ-37. Pembebanan yang diberikan pada pelat adalah beban statik monotonik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunkan bantuan software MSC Patran untuk tahap permodelan dan MSC Nastran untuk tahap running. Boundary condition pelat pada MSC Patran dibuat seolah-olah berdeformasi menggunakan frame (Balok dan Kolom), serta pada daerah atas pelat diizinkan untuk bergerak pada sumbu x. Hasil akhir dari penelitian ini akan menghasilkan grafik beban perpindahan dan kekakuan pada daerah elastis. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa pemberian variasi jumlah lubang/perforasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja struktur portal baja. Pada perforasi 8,97% pada pelat baja tebal 1 mm dan 2 mm terjadi penurunan nilai beban yang mampu dipikul oleh struktur, yaitu sebesar 13,61 KN untuk pelat 1 mm dan 24, 66 KN untuk pelat 2 mm. Selain itu, dengan variasi perforasi yang diberikan semakin bertambahnya nilai perforasi mengakibatkan nilai kekakuan pada daerah elastis struktur semakin berkurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nidiasari,M.T
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Perforasi, Diagonal Tekan, Statik Monotonik, Kinerja Struktur, MSC Patran, MSC Nastran.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 13 May 2022 07:14
Last Modified: 13 May 2022 07:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103390

Actions (login required)

View Item View Item