STUDI KASUS : KESIAPSIAGAAN KELUARGA DENGAN KELOMPOK RENTAN LANSIA DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 14 PASIE NAN TIGO

Nofita, Nadia (2022) STUDI KASUS : KESIAPSIAGAAN KELUARGA DENGAN KELOMPOK RENTAN LANSIA DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 14 PASIE NAN TIGO. Other thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover & abstrak)
Cover & Abstrak..pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img] Text (Full text)
Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS KARYA ILMIAH AKHIR, Januari 2022 Nama : Nadia Nofita, S.Kep NIM : 2041312056 STUDI KASUS : KESIAPSIAGAAN KELUARGA DENGAN KELOMPOK RENTAN LANSIA DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 14 PASIE NAN TIGO ABSTRAK Bencana alam terjadi dengan cara yang tak terduga sehingga dapat merusak lalu menghancurkan bangunan dalam waktu yang sangat cepat bahkan dapat mencelakai orang-orang yang berada disaat gempa itu terjadi. Salah satu kelompok yang beresiko terkena dampak gempa bumi adalah lansia. Lansia menjadi kelompok rentan ketika terjadi bencana disebabkan lansia mengalami penurunan kognitif, oleh karena itu kesiapsiagaan keluarga merupakan hal terpenting, agar keluarga mampu memandu anggota keluarga dalam mengevakuasi anggota keluarga lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tentang kesiapsiagaan keluarga dengan kelompok rentan lansia dalam menghadapi bencana gempa bumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan pengambilan sample Purposive sampling menggunakan panduan wawancara mendalam. Data yang dikumpulkan berupa rekaman hasil wawancara yang dilengkapi dengan pedoman wawancara. Hasil penelitian mengidentifikasi 2 tema utama yaitu dukungan keluarga terhadap lansia dalam kesiapsiagaan bencana dan peran keluarga pada lansia dalam kesiapsiagaan. Adanya dukungan informasional, adukungan fisiologis, dukungan emosional dan kesiapan keluarga saat dan setelah terjadi bencana . Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar keluarga yang memiliki lansia dapat meningkat kesiapsiagaan dengan peran dan dukungan keluarga dengan, dukungan emosional, dukungan informasional, dukungan instrumental dan dukungan nilai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 May 2022 08:36
Last Modified: 13 May 2022 08:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103375

Actions (login required)

View Item View Item