STUDI KUALITATIF : GAMBARAN PENGETAHUAN KADER SIAGA BENCANA PADA PERTOLONGAN PERTAMA PASCA BENCANA GEMPA DI RW 03 KELURAHAN PASIE NAN TIGO

SRI, MELATI (2022) STUDI KUALITATIF : GAMBARAN PENGETAHUAN KADER SIAGA BENCANA PADA PERTOLONGAN PERTAMA PASCA BENCANA GEMPA DI RW 03 KELURAHAN PASIE NAN TIGO. Diploma thesis, universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan sabstrak)
cover dan abstrak sri melati.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB 1 SRI MELATI.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab Penutup)
BAB PENUTUP SRI MELATI.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab V)
DAFTAR PUSTAKA SRI MELATI.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img] Text (Kia full text)
pdf KIA sri melati-dikonversi.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)

Abstract

Situasi krisis kesehatan yang paling sering terjadi dan menimbulkan banyak korban adalah kejadian bencana. Masyarakat merupakan ujung tombak penanggap pertama situasi bencana yang mengancam jiwa, agar masyarakat mandiri telah dilakukan pengembangan kelurahan siaga bencana dengan diberdayakannya peran aktif kader. Salah satu peran kader adalah memberikan pertolongan pertama pada korban pasca bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan kader siaga bencana pada pertolongan pertama pasca bencana gempa bumi di RW 03 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan dalam penelitian sebanyak 7 orang kader siaga bencana yang berada di di RW 03 Kelurahan Pasie Nan Tigo dengan teknik pengumpulan data menggunakan in- depth inervew. Hasil penelitian didapatkan satu tema utama yaitu Partisipan sudah memiliki pengetahuan dasar pertolongan pertama untuk korban bancana yaitu bantuan hidup dasar, pertolongan pertama patah tulang dan luka. Subtema yang didapatkan ada 3 yaitu (1) pengetahuan tentang jenis pertolongan pertama, (2) pengetahuan tentang peralatan yang dapat digunakan dalam melakukan pertolongan pertama, dan (3) pengetahuan tentang langkah-langkah pertolongan pertama. Saran peneliti yaitu perlu penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan pertolongan pertama kader siaga bencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Ilfa Khairani, M.Kep
Uncontrolled Keywords: Pertolongan pertama, kader siaga bencana
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 May 2022 09:14
Last Modified: 13 May 2022 09:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103347

Actions (login required)

View Item View Item