Efek Gastroprotektif Katekin dari Gambir Terpurifikasi (Uncaria gambir (Hunter) Roxb.) terhadap Tukak Lambung Mencit yang Diinduksi Aspirin

Elmarisa, Elmarisa (2022) Efek Gastroprotektif Katekin dari Gambir Terpurifikasi (Uncaria gambir (Hunter) Roxb.) terhadap Tukak Lambung Mencit yang Diinduksi Aspirin. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tukak lambung ditandai dengan iritasi mukosa lambung karena ketidakseimbangan antara faktor agresif dan faktor defensif. Penggunaan aspirin jangka panjang dapat menyebabkan tukak lambung dengan menurunkan pertahanan mukosa lambung. Katekin dari gambir terpurifikasi dengan aktivitas antioksidan mampu melindungi kerusakan lambung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek katekin dari gambir terpurifikasi terhadap tukak lambung mencit yang diinduksi aspirin. Hewan uji sebanyak 25 ekor dibagi menjadi lima kelompok perlakuan. Kelompok 1 kontrol negatif diberi Na CMC 0.5%, kelompok 2 kontrol positif diberi aspirin 400 mg/kgbb dan 3 kelompok perlakuan yang diberi sediaan gambir terpurifikasi dosis 50, 100 dan 200 mg/kgbb selama 7 hari dilanjutkan dengan pemberian aspirin 400 mg/kgbb selama 5 hari. Setelah perlakuan, mencit dibedah dan diambil lambungnya. Pengamatan dilakukan secara makroskopis dan mikroskopis. Data yang didapatkan dianalisis secara statistik menggunakan ANOVA satu arah dilanjutkan dengan uji Duncan. Dari pengamatan makroskopis didapatkan nilai indeks tukak lambung kelompok 1 adalah 1, kelompok 2 adalah 7 dan kelompok perlakuan dosis 50, 100 dan 200 mg/kgbb masing-masing 5,2; 1,9; dan 1,4. Pada pengamatan mikroskopis didapatkan nilai inflamasi histologi lambung kelompok 1 adalah 0,6, kelompok 2 adalah 8,6 dan kelompok perlakuan dosis 50, 100 dan 200 mg/kgbb masing-masing 5,8; 4,52; dan 6,04. Hasil uji statistik antara kelompok kontrol positif dengan kelompok perlakuan menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna dengan nilai P<0,05. Dapat disimpulkan bahwa katekin dari gambir terpurifikasi dapat melindungi tukak lambung dengan penurunan nilai indeks tukak dan dapat berpengaruh terhadap gambaran histologi lambung dengan kerusakan lebih ringan dibandingkan kelompok yang hanya diberi aspirin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. apt. Deddi Prima Putra
Uncontrolled Keywords: Gastroprotektif, Katekin, Tukak lambung, Aspirin
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 13 May 2022 07:48
Last Modified: 13 May 2022 07:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103345

Actions (login required)

View Item View Item