STUDI REGENERASI IN VITRO DAN TRANSFORMASI GENETIK GEN COAT PROTEIN DAN BETA COMPONENT GEMINIVIRUS MELALUI Agrobacterium tumefaciens PADA TIGA GENOTIPE CABAI MERAH (Capsicum annuum L.)

RENFIYENI, RENFIYENI (2015) STUDI REGENERASI IN VITRO DAN TRANSFORMASI GENETIK GEN COAT PROTEIN DAN BETA COMPONENT GEMINIVIRUS MELALUI Agrobacterium tumefaciens PADA TIGA GENOTIPE CABAI MERAH (Capsicum annuum L.). Doctoral thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (DISERTASI)
201602171047th_disertasi lengkap pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://doi.org/10.25077/0931201022

Abstract

Penelitian tentang studi regenerasi In Vitro tiga genotipe cabai merah (Kampung, Kopay dan Trisula) dan transformasi genetiknya dengan gen geminivirus melalui Agrobacterium tumefaciens telah dilakukan pada Februari 2010 sampai dengan Desember 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kalus transforman tiga genotipe tanaman yang mengandung gen Coat Protein dan Beta Component. Penelitian ini dilakukan dalam 4 tahap yaitu; 1) Studi regenerasi in vitro tiga genotipe cabai merah (Kampung, Kopay dan Trisula). Tahap ini menggunakan metode eksperimen mencakup induksi kalus, regenerasi tunas dan induksi akar, menggunakan beberapa media dengan kombinasi beberapa zat pengatur tumbuh. Tahap ini akan menghasilkan planlet dari ketiga genotipe cabai yang digunakan 2) Konstruksi gen Coat Protein dan Beta Component ke dalam plasmid pBI121. Tahap ini menggunakan metode eksperimen diataranya restriksi terhadap pGem-T yang mengandung gen target, serta plasmid pBI121. Hasil tahap ini adalah kaset plasmid rekombinan pBI121-β dan pBI121-CP. 3) Studi Transformasi genetik gen Coat Protein dan Beta Component pada tanaman cabai merah. Tahap ini menggunakan metode eksperimen terhadap inokulasi, kokultivasi dan pencucian kalus transforman. Tahap ini akan menghasilkan kalus transforman. 4) Seleksi dan Pengujian kalus transforman yang mengandung gen Coat Protein dan Beta Component. Tahap ini menggunakan analisis PCR dengan beberapa primer spesifik sehingga akan menghasilkan kalus transgenik yang positif mengandung gen Coat Protein dan Beta component. Penelitian dilakukan di Laboratorium Kultur Jaringan dan Laboratorium Bioteknologi Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Data hasil pengamatan dianalisis secara deskriptif dan sebagian dianalisis secara statistik dengan Rancangan Acak Lengkap, yang dilanjutkan dengan uji lanjutan Duncan New Multiple Range Test pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian memperoleh planlet dan sistem regenerasi in vitro tiga genotipe cabai merah. Selanjutnya diperoleh konstruksi gen Coat Protein dan Beta Component pada plasmid pBI121 yang dilanjutkan dengan transformasi melalui Agrobacterium tumefaciens. Kegiatan transformasi melalui A. tumefaciens berhasil medapatkan kalus transforman. Kalus transforman diuji dengan PCR menggunakan primer NPTII, primer gen Beta, primer gen Coat Protein dan primer in out T-DNA dan out-out T-DNA. Hasil pengujian membuktikan bahwa gen Coat Protein dan Beta Component telah terinsert ke dalam genom tanaman. Berarti protokol yang dilaksanakan telah berhasil melakukan proses transformasi genetik melalui Agrobacterium tumefaciens pada tiga genotipe cabai merah. Kata Kunci: transforman genetik, coat protein, beta component, geminivirus, Capsicum annuum

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Disertasi)
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 07 Jun 2016 02:38
Last Modified: 24 Oct 2017 09:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10331

Actions (login required)

View Item View Item