GREEN SYNTHESIS NANOPARTIKEL N-DOPED TiO2 MENGGUNAKAN METODE HIDROTERMAL UNTUK APLIKASI FOTOREDUKSI ION LOGAM BERAT Cr (VI)

Habibillah, M. Rafli (2022) GREEN SYNTHESIS NANOPARTIKEL N-DOPED TiO2 MENGGUNAKAN METODE HIDROTERMAL UNTUK APLIKASI FOTOREDUKSI ION LOGAM BERAT Cr (VI). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutupan)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Fotokatalis N-doped TiO2 telah berhasil disintesis dengan menggunakan metode biosintesis-hidrotermal dengan variasi konsentrasi nitrogen sebagai pendoping yaitu 10% w/w (NTO10), 20% w/w (NTO20), 35% w/w (NTO35) dan 50% w/w (NTO50). Sampel TiO2 yang tidak dilakukan pendopingan oleh nitrogen (TO) digunakan sebagai kontrol. Sintesis TiO2 dilakukan menggunakan metoda biosintesis dengan memanfaatkan Aloe vera (L.) Burm f., dilanjutkan dengan proses pendopingan nitrogen dengan metoda hidrotermal. Hasil karakterisasi X – Ray Diffraction (XRD) menunjukkan bahwa semua fasa yang terbentuk adalah fasa anatase. Berdasarkan hasil Diffuse Reflectance Spectrocopy UV–Vis (DRS UV–Vis) yang diolah menggunakan metode Tauc-Plot diperoleh bahwa semua sampel N-doped TiO2 mengalami penurunan energi gap jika dibandingkan dengan sampel TiO2. Hal ini menunjukan bahwa pendopingan terhadap TiO2 menggunakan nitrogen telah berhasil dilakukan. Aktivitas fotokatalitik dari N-doped TiO2 diujikan pada fotoreduksi model polutan logam Cr (VI). Uji aktivitas fotokatalitik dilakukan terhadap semua fotokatalis dengan menggunakan sinar lampu LED 24 watt selama 120 menit. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa sampel NTO35 memiliki aktivitas fotokatalitik paling optimum yaitu sebesar 50,88% dalam mereduksi model polutan ion Cr (VI).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Diana Vanda Wellia Prof. Dr. Rahmayeni
Uncontrolled Keywords: Fotoreduksi Cr (VI), Biosintesis, N-Doped TiO2, Aloe vera (L.) Burm F.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 13 May 2022 08:03
Last Modified: 13 May 2022 08:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103223

Actions (login required)

View Item View Item