ANALISA PERTUMBUHAN LINGKARAN TUMBUH BEBERAPA JENIS POHON DI KENAGARIAN SANIANGBAKAR, KABUPATEN SOLOK SEBAGAI INDIKATOR PERUBAHAN IKLIM

YULIZAH, YULIZAH (2014) ANALISA PERTUMBUHAN LINGKARAN TUMBUH BEBERAPA JENIS POHON DI KENAGARIAN SANIANGBAKAR, KABUPATEN SOLOK SEBAGAI INDIKATOR PERUBAHAN IKLIM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Full Text)
201412111129th_thesis yulizah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kenaikan suhu bumi akhir-akhir ini dirasakan telah mengganggu aktifitas kehidupan di belahan bumi manapun dan berdampak nyata pada perubahan iklim global. Para ahli lingkungan dan lembaga-lembaga terkait melaporkan sejumlah bukti ilmiah bahwa pada abad ke 21 suhu bumi mengalami peningkatan hingga 2- 4,5°C sebagai konsekuensi dari peningkatan gas rumah kaca di atmosfer. Kondisi ini mengakibatkan pergeseran periode hujan dan kemarau yang tidak lagi dapat ditentukan secara pasti dengan musim kering yang lebih panjang dari biasanya dan dengan interval waktu yang lebih pendek (3-4 tahun sekali dibanding 7 tahun sekali) (CIFOR, 2008). Dampak dari perubahan iklim ini paling dirasakan perubahannya oleh tanaman. Musim kering yang panjang berakibat buruk pada pertumbuhan tanaman karena seluruh aktifitas fisiologi seperti fotosintesis, respirasi, transpirasi, laju pertumbuhan dan akhirnya produksi tanaman terganggu (Leonelli, Pelfini, and Battipaglia, 2009). Bagian dari tanaman menunjukan berbagai macam respon terhadap perubahan iklim di sekitarnya. Pada daerah sedang, pertumbuhan mempunyai ciri berlangsung cepat pada awal musim semi dan lambat pada akhir musim panas dan berhenti pada musim gugur. Ciri pertumbuhan menunjukkan pula bahwa pada awal musim semi pembelahan sel secara antiklinal maupun periklinal berlangsung dengan cepat (Muhdi, 2004).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 06 Jun 2016 09:28
Last Modified: 06 Jun 2016 09:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10315

Actions (login required)

View Item View Item