Deteksi resistensi insektisida piretroid secara bioassay dan mutasi gen kdr pada nyamuk vektor dengue aedes aegypti dan aedes albopictus

Puti Reno, Diandra Khairunisa (2022) Deteksi resistensi insektisida piretroid secara bioassay dan mutasi gen kdr pada nyamuk vektor dengue aedes aegypti dan aedes albopictus. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
bab I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Penutup)
bab 6 penutup.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img] Text (Full Text Skripsi)
fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Infeksi dengue merupakan infeksi virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk, yaitu Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Kasus infeksi dengue masih mengalami peningkatan setiap tahunnya termasuk di Indonesia. Peningkatan kasus infeksi dengue disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya karena kegagalan pengendalian vektor infeksi dengue secara kimiawi yang mengakibatkan terjadinya resistensi nyamuk Ae. aegypti dan Ae. albopictus terhadap insektisida piretroid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui resistensi insektisida piretroid secara bioassay dan mendeteksi mutasi gen kdr pada nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Metode penelitian pada penelitian ini adalah sebuah tinjauan literatur naratif. Studi literatur ini mempelajari berbagai artikel yang berkaitan dengan deteksi resistensi insektisida piretroid secara bioassay dan mutasi gen kdr pada nyamuk vektor dengue Ae. aegypti dan Ae. albopictus melalui pencarian pada database elektronik PubMed, Google Scholar, dan ProQuest. Dari hasil seleksi literatur didapatkan dua puluh literatur untuk ditinjau. Hasil tinjauan studi menunjukkan bahwa hampir seluruh populasi Ae. aegypti dan Ae. albopictus bersifat resisten terhadap insektisida piretroid berdasarkan deteksi secara bioassay dengan menggunakan protokol WHO Susceptibility Test maupun CDC Bottle Assay, dan ditemukan beberapa variasi alel gen kdr yang mengalami mutasi, terutama gen V1016G, F1534C, dan S989P. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nyamuk Ae. aegypti mengalami resistensi terhadap insektisida piretroid, terutama terhadap golongan deltamethrin dan permethrin, nyamuk Ae. albopictus pada umumnya masih berada pada status rentan, dan mutasi gen kdr banyak ditemukan pada populasi Ae. aegypti. Genotipe gen kdr yang banyak mengalami mutasi adalah V1016G, F1534C, dan S989P.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Hasmiwati, M. Kes
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Aedes aegypti, Aedes albopictus, resistensi piretroid, bioassay, mutasi kdr
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 14 May 2022 02:35
Last Modified: 14 May 2022 02:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103020

Actions (login required)

View Item View Item