Studi Numerik Kinerja Dinding Geser Pelat Baja Pada Ratio Panjang : Tinggi = 2 Dengan Perforasi Lubang Selang Seling Serta Variasi Pada Diameter Lubang Akibat Pembebanan Statik Monotonik

Nindy, Elsi Wulansari (2022) Studi Numerik Kinerja Dinding Geser Pelat Baja Pada Ratio Panjang : Tinggi = 2 Dengan Perforasi Lubang Selang Seling Serta Variasi Pada Diameter Lubang Akibat Pembebanan Statik Monotonik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Utuh Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang rawan terjadi bencana gempa bumi. Sehingga diperlukan desain bangunan yang tahan terhadap gempa. Salah satu sistem yang dapat mereduksi gaya lateral akibat gempa pada struktur gedung yaitu dinding geser pelat baja (Steel Plate Shear Wall). Penelitian ini menganalisis kinerja struktur berupa beban perpindahan, serta kekakuan garis linear pada Steel Plate Shear Wall dengan perbandingan panjang dan tinggi 1:2 yang diberi perforasi. Ukuran pelat baja dinding geser 900 mm x 1800 mm dengan mutu baja yaitu BJ-37 serta tebal pelat yang digunakan yaitu 1 mm dan 2 mm. Diameter lubang yaitu diameter 50 mm hingga 100 mm dengan pengurangan luas secara bertahap mulai dari 10,42% sampai 41,69% dan jumlah lubang ditetapkan sebanyak 86 lubang. Pembebanan yang digunakan yaitu statik monotonik dengan kontrol perpindahan hingga drift ratio sebesar 4%. Pemodelan dilakukan dengan software MSC. Patran dan analisanya menggunakan MSC. Nastran. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil yaitu tebal pelat dan perforasi berpengaruh terhadap besar beban PΔ=4% yang mampu ditahan oleh pelat shear wall, kekakuan pada setiap variasi juga mengalami penurunan seiring dengan besarnya perforasi, dan kondisi leleh pertama terjadi pada bagian sisi bidang diagonal pelat shear wall yang membentuk zona tarik yang mengikuti arah diagonal lubang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Sabril Haris HG, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Statik Monotonik, Perforasi, Kinerja Struktur, Konfigurasi, MSC Patran, MSC Nastran.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 12 May 2022 07:50
Last Modified: 12 May 2022 07:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102871

Actions (login required)

View Item View Item