Pengembangan Kuesioner Untuk Menilai Perilaku Pencegahan Covid-19 Pada Mahasiswa Kepaniteraan Klinik Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Syafitri, Ayu Asyifa (2022) Pengembangan Kuesioner Untuk Menilai Perilaku Pencegahan Covid-19 Pada Mahasiswa Kepaniteraan Klinik Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (41MB)

Abstract

Di masa pandemi Covid-19, mahasiswa kepaniteraan klinik harus paham mengenai perilaku pencegahan Covid-19 yang baik dikarenakan mereka sudah berkontak langsung dengan para tenaga kesehatan dan pasien di rumah sakit. Namun demikian, hingga saat ini belum ada penelitian mengenai perilaku pencegahan Covid-19 yang dikhususkan kepada mahasiswa kepaniteraan klinik di Indonesia. Penggunaan kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya mutlak diperlukan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kuesioner tentang perilaku pencegahan Covid-19 pada mahasiswa kepaniteraan klinik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain potong lintang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan consecutive sampling dengan jumlah sampel 45 mahasiswa kepaniteraan klinik profesi dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Uji validitas isi dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif kepada panel ahli dan responden uji. Hasil akhir validitas isi dua putaran mendapatkan nilai Content Validity Index (CVI) sebesar 1,00, sehingga kuesioner valid dengan 33 item pertanyaan. Uji Reliabilitas bagian pengetahuan yang diukur dengan Kuder Richarson-21 adalah 0,888 sedangkan pada bagian sikap dan tindakan menggunakan formula koefisien alpha masing-masing adalah 0,682 dan 0,8816. Kuesioner yang dikembangkan telah dinyatakan valid dan reliabel. Kuesioner ini dapat digunakan sebagai instrumen untuk mengukur perilaku pencegahan Covid-19 pada mahasiswa kepaniteraan klinik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Yulistini, M.Med.Ed
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kuesioner, Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Covid-19, Mahasiswa Kepaniteraan klinik
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 13 May 2022 07:03
Last Modified: 13 May 2022 07:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102860

Actions (login required)

View Item View Item