ISOLASI BAKTERI ENDOFITIK DARI TANAMAN LABU KOTEKA Langenaria siceraria (Molina) Standl, FERMENTASI DAN UJI AKTIVITAS METABOLIT SEKUNDERNYA TERHADAP BAKTERI Salmonella thypi

Carolina, Aleak Elokpere (2022) ISOLASI BAKTERI ENDOFITIK DARI TANAMAN LABU KOTEKA Langenaria siceraria (Molina) Standl, FERMENTASI DAN UJI AKTIVITAS METABOLIT SEKUNDERNYA TERHADAP BAKTERI Salmonella thypi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB Akhir (Penutup dan Kesimpulan).pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI CAROLINA ALEAK ELOKPERE-1711019003 - Copy.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bakteri endofitik merupakan bakteri yang hidup pada jaringan tumbuhan tanpa menyebabkan penyakit dan menghasilkan senyawa metabolit sekunder yang sama dengan tanaman inangnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapatnya bakteri endofitik yang memiliki aktivitas antibakteri terhadap Salmonella thypi, profil pertumbuhan, kandungan metabolit sekunder dan karakteristiknya. Adapun tahap penelitian terdiri dari sterilisasi sampel, isolasi bakteri, pembuatan medium produksi antibiotik menggunakan molase dengan variasi konsentrasi 1, 5, 10% dan waktu fermentasi selama 72 jam dimana akan dilakukan pencuplikan kultur isolat tiap 12 jam sekali guna mengukur absorbansi profil pertumbuhan menggunakan spektrofotometer pada panjang gelombang 600 nm, pengujian aktivitas antibakteri menggunakan metode difusi cakram, pengujian kandungan metabolit sekunder dan karakterisasi isolat seperti pewarnaan Gram, endospora, pengujian katalase dan motilitas. Hasil penelitian diperoleh sebanyak 10 isolat bakteri endofitik, diantaranya terdapat 2 isolat bakteri endofitik dari sampel buah yakni isolat 1 dan isolat 2 dan 8 isolat lainnya dari sampel daun yakni isolat 3, isolat 4, isolat 5, isolat 6, isolat 7, isolat 8, isolat 9 dan isolat 10. Berdasarkan uji antibakteri diperolehlah 2 isolat bakteri endofitik sebagai antibakteri terhadap Salmonella thypi yakni isolat-1 dengan konsentrasi molase 1 % pada jam ke-60 dengan diameter zona hambat rata-rata sebesar 12,79 mm. Sedangkan pada isolat-3 dengan konsentrasi molase 5 % pada jam ke-60 dengan diameter zona hambat rata-rata sebesar 12,02 mm. Profil pertumbuhan isolat 1 dan 3 menunjukkan fase pertumbuhan yang sama. Kandungan metabolit sekunder pada isolat 1 terdiri atas Akaloid, sedangkan pada isolat 3 mengandung alkaloid dan flavonoid. Isolat 1 dan 3 keduanya merupakan bakteri Gram positif, memiliki endospora, bersifat aerob. Sedangkan pada uji motilitas, isolat 1 tidak memiliki flagel dan isolat 3 memiliki flagel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. apt. Akmal Djamaan, MS, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Bakteri, Endofiik, Labu Koteka, Langenaria siceraria (Molina) Standl, Metabolit sekunder
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 13 May 2022 07:14
Last Modified: 08 Nov 2022 03:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102831

Actions (login required)

View Item View Item