PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESIAPSIAGAAN PRA BENCANA GEMPA BUMI PADA REMAJA USIA 12-15 TAHUN DI RW 10 KELURAHAN PASIA NAN TIGO

Fani, Fanesa Vernanda (2022) PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESIAPSIAGAAN PRA BENCANA GEMPA BUMI PADA REMAJA USIA 12-15 TAHUN DI RW 10 KELURAHAN PASIA NAN TIGO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrac.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL TEXS)
KIA Full Text_Fanesa Vernanda_2041312102.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kelurahan Pasie Nan Tigo berada pada zona merah yang terdampak bencana alam gempa bumi. Perlu dilakukan penanggulangan bencana dalam bentuk kesiapsiagaan, yang melibatkan remaja dalam perencanaan dan pemulihan bencana sehingga dapat meningkatkan kesadaran mereka akan situasi bahaya yang mungkin terjadi dari bencana alam tersebut.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Kesiapsiagaan Bencana Pra Gempa Bumi Terhadap Tingkat Pengetahuan Pada Remaja Usia 12-15 Tahun Di Rw 10 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental dengan rancangan pre-experimental design dengan jenis pre-test and post- test one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja yang berusia 12-15 tahun di RW10 sebanyak 29 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Pengambilan sampel mengunakan metode Total Sampling. Hasil penelitian didapatkan pvalue 0,000 yang berarti bahwa ada pengaruh secara sig-nifikan pengetahuan dan sikap terhadap kesiapsiagaan remaja setelah diberikan penyuluhan. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh penyuluhan kesiapsiagaan pra gempa bumi pada remaja sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan pengetahuan remaja meningkat dalam menghadapi bencana, seperti gempa bumi,tsunami, banjir, se-hingga remaja bisa lebih siap dalam menghadapi bencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S. Kep., M. Biomed
Uncontrolled Keywords: kesiapsiagaan, bencana, gempa, remaja, pengetahuan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 11 May 2022 09:55
Last Modified: 11 May 2022 09:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102821

Actions (login required)

View Item View Item