“ Gambaran Kesiapsiagaan Remaja terhadap Bencana Alam Gempa Bumi dan Tsunami Di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang”. Terima kasih yang sebesar-besarnya peneliti ucapkan kepada pembimbing Ibu Ns.

sari, Sari Endi Ayu (2022) “ Gambaran Kesiapsiagaan Remaja terhadap Bencana Alam Gempa Bumi dan Tsunami Di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang”. Terima kasih yang sebesar-besarnya peneliti ucapkan kepada pembimbing Ibu Ns. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img] Text (Kia Full Texs)
KIA FULL TEXT_SARI ENDI AYU.S.KEP_2041312104.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)

Abstract

Kelurahan Pasie Nan Tigo berada pada zona merah yang merupakan daerah dengan tingkat kerentanan tinggi terhadap gempa dan tsunami dengan nilai indeks bahaya yang termasuk 5 tertinggi di Kota Padang. Upaya yang dapat untuk mengurangi resiko dari bencana adalah dengan meningkatkan kesiapsiaagaan masyarakat di daerah rawan bencana. Remaja merupakan kelompok yang rentan terhadap risiko bencana, sehingga kesiapsiagaan remaja perlu ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kesiapsiagaan remaja dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami di RW 04 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 95 orang. Pengumpulan data dilakukan dari bulan Desember tahun 2021 sampai dengan bulan Januari 2022 dengan cara penyebaran kuisioner dalam bentuk google form. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar remaja memiliki tingkat kesiapsiagaan sangat siap 31,6% dan kurang siap 24,5%, pengetahuan remaja berada di tingkat yang sedang 46,3%, peringatan dini remaja rendah 43,2%, dan mobilisasi remaja rendah 45,3%. Oleh karena itu diharapkan remaja di RW 04 Kelurahan Pasie Nan Tigo dapat meningkatkan kesiapsiagaannya terhadap bencana gempa bumi dan tsunami sehingga dapat dilibatkan dalam penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Ns. Fitri Mailani, M.Kep
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan, Gempa Bumi, Tsunami, Remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 11 May 2022 09:48
Last Modified: 11 May 2022 09:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102820

Actions (login required)

View Item View Item