PROSEDUR DALAM PENYALURAN TUNJANGAN PROFESI GURU SD DAN SMP PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA PADANG

Anggi, Noverlin Irwana (2022) PROSEDUR DALAM PENYALURAN TUNJANGAN PROFESI GURU SD DAN SMP PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB I ( Pendahuluan ).pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir ( Penutup/Kesimpulan))
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
FULL TA Anggi Noverlin Irwana.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan kualitas suatu bangsa dapat dilakukan melalui sektor pendidikan sedangkan peningkatan kualitas pendidikan salah satunya dapat dilakukan melalui peningkatan kesejahteraan guru. Dalam dunia pendidikan keberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat penting, karena komponen pendidikan yang sangat penting dalam rangka pelaksanaan rencana strategis tersebut adalah guru. Guru memiliki peranan yang strategis dan merupakan kunci keberhasilan untuk mencapai tujuan kelembagaan sekolah, karena guru merupakan pengelola Proses Belajar Mengajar (PBM) bagi para siswanya. Oleh karena itu, dalam kebijakan yang berkaitan dengan upaya peningkatan kualitas pendidikan, tidak terlepas dari hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri, termasuk meningkatkan kesejahteraanya. Pada saat sekarang ini profesi guru menjadi kebanggaan dikalangan masyarakat. Guru merupakan salah satu profesi yang dulu jarang diminati oleh anak muda, namun pada saat sekarang ini guru merupakan salah satu profesi yang dibanggakan. Profesi ini dilihat sebelah mata karena seorang yang menjadi guru dianggap kesejahteraannya kurang bahkan minim. Sekarang minat lulusan sekolah menengah menjadi guru semakin tinggi setelah profesi guru menjanjikan karena adanya tunjangan khusus seperti tunjangan profesi. Tunjangan profesi adalah tunjangan yang diberikan kepada guru yang memiliki sertifikat pendidik sebagai penghargaan atas profesionalitasnya. Pemerintah memberikan tunjangan profesi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 15 (1) kepada guru yang telah memiliki sertifikat pendidik yang diangkat oleh penyelenggara pendidikan dan/atau satuan pendidikan yang diselenggrakan oleh masyarakat. Tunjangan Profesi adalah salah satu penghasilan tambahan yang bisa diterima oleh seorang guru. Tunjangan profesi diberikan dalam bentuk uang yang disalurkan melalui rekening bank penerima tunjangan. Tunjangan Profesi Guru diberikan setara dengan 1 (satu) kali gaji pokok PNS sesuai dengan golongannya. Pemberian tunjangan profesi dicairkan setiap tiga bulannya pada satu tahun anggaran, yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah berdasarkan pada kewenangan dan tahapan penyalurannya. Kebijakan ini sering juga disebut dengan tunjangan sertifikasi guru. Karena hanya guru-guru ASN yang telah lulus proses sertifikasi lah yang berhak memperoleh tunjangan ini. Pemerintah melakukan kebijakan ini untuk meningkatkan kesejahteraan guru dalam meningkatkan profesionalisme guru, sebab semakin sejahtera seseorang maka semakin tinggi kemungkinan untuk meningkatkan kinerjanya. Kesejahteraan disini adalah imbalan yang diterima oleh guru. Beberapa jenis imbalan antara lain gaji pokok dan upah, insentif, tunjangan, hari libur, bonus dan komisi. Hal ini dapat dipahami karena kesejahteraan berkaitan dengan kepuasan, motivasi kerja, produktivitas dan produktivitas tenaga kerja. Pemerintah berharap dengan meningkatnya kesejahteraan guru maka produktivitasnya juga akan meningkat, yang akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan nasional. Dan jika melihat pedoman yang dikeluarkan oleh Depatemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), sertifikasi merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas guru yang didukung oleh peningkatan kesejahteraannya. Sertifikasi guru menjadi salah satu usaha pemerintah untuk meningkatkan mutu tenaga pendidik di dalam mekanisme teknis dan diatur oleh pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Pembayaran tunjangan sertifikasi guru ini juga sifatnya jangka panjang dan berkelanjutan, karena hanya akan diberhentikan ketika guru memasuki masa pensiun. Oleh karena itu, ini dapat membuat banyak anak muda mulai melirik kembali profesi guru karena kesejahteraannya yang kian terjamin. Pemerintah berharap dengan peningkatan kesejahteraan guru, produktivitasnya juga meningkat, yang akan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan nasional sesuai dengan pasal 4 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana “Prosedur dalam Penyaluran Tunjangan Profesi Guru SD dan SMP Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang” sebagai judul dalam Tugas Akhir ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Keuangam
Depositing User: d3 keuangan keuangan
Date Deposited: 12 May 2022 02:00
Last Modified: 12 May 2022 02:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102781

Actions (login required)

View Item View Item