PENERAPAN EDUKASI PENDIDIKAN SEKSUAL PADA ANAK USIA SEKOLAH (7-12) PADA SAAT BENCANA GEMPA BUMI DI RW.09 KELURAHAN PASIE NAN TIGO . TAHUN 2022

Rita, Sri Hartati, (2022) PENERAPAN EDUKASI PENDIDIKAN SEKSUAL PADA ANAK USIA SEKOLAH (7-12) PADA SAAT BENCANA GEMPA BUMI DI RW.09 KELURAHAN PASIE NAN TIGO . TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (caver dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KIA full taxt)
K I A RITA SRI HARTATI, S. Kep.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Korban bencana terbanyak salah satunya adalah anak-anak yang merupakan kelompok rentan terdampak kekerasan seksual saat bencana, baik secara biologis maupun psikologis. Agar anak mampu melindungi diri dari kekerasan seksual saat bencana dipandang perlu meningkatkan pengetahuan anak tentang kekerasan seksual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendidikan edukasi seksual pada anak usia sekolah (7-12) pada saat bencana gempa bumi di RW 09 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan quasy exsperiment design dan rancangan one group pretest and posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner Neherta yang terdiri dari 10 pertanyaan mengenai kekerasan seksual bencana. Analisa data menggunakan uji T test Dependen. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pendidikan edukasi seksual terhadap pengetahuan anak usia sekolah dengan nilai p value ≤ 0.01. Hasil penelitian ini diharapkan meningkatkan pengetahuan anak mengenai edukasi seksual pada saat bencan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S.Kep., M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Bencana, Seksual
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 11 May 2022 09:07
Last Modified: 11 May 2022 09:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102777

Actions (login required)

View Item View Item