Gambaran Kesiapsiagaan Bencana pada Anak Usia Sekolah terhadap Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Di RW 03 Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang

Zakiah, Amalya (2022) Gambaran Kesiapsiagaan Bencana pada Anak Usia Sekolah terhadap Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Di RW 03 Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img] Text (KIA full text)
KIA full-text ZAKIAH AMALYA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kelurahan Pasie Nan Tigo merupakan salah satu wilayah di Kota Padang yang termasuk zona merah untuk terjadinya gempa bumi dan tsunami. Anak usia sekolah termasuk kelompok rentan terhadap bencana sehingga perlu mengkaji kesiapsiagaan untuk meminimalisir dampak bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapsiagaan anak usia sekolah terhadap bencana gempa bumi dan tsunami di RW 03 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Metode penelitian yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dimulai dari Januari-Februari 2022 dengan menggunakan kuesioner kesiapsiagaan LIPI-UNESCO/ISDR (2006). Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 9-12 tahun. Sebanyak 45 responden diambil secara total sampling. Pengolahan data dilakukan dengan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesiapsiagaan yaitu 42,2% dengan kategori hampir siap, kesiapsiagaan berdasarkan parameter pengetahuan 42,2% dengan kategori hampir siap, parameter rencana tanggap darurat 40% dengan kategori kurang siap, parameter sistem peringatan bencana 44,4% dengan kategori kurang siap, dan parameter mobilisasi sumber daya 33,3% dengan kategori hampir siap. Tingkat kesiapsiagaan, parameter pengetahuan, dan mobilisasi sumber daya berada pada kategori hampir siap. Namun, parameter rencana tanggap darurat dan sistem peringatan bencana pada kategori kurang siap. Kesiapsiagaan anak usia sekolah di RW 03 Kelurahan Pasie Nan Tigo perlu ditingkatkan terutama pada rencana tanggap darurat terkait hal yang perlu dipersiapkan sebelum terjadi bencana dan barang yang perlu diselamatkan. Serta sistem peringatan bencana terkait tanda peringatan tsunami. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat memberikan intervensi untuk meningkatkan kesiapsiagaan gempa bumi dan tsunami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Susmiati, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: kesiapsiagaan, gempa bumi dan tsunami, anak usia sekolah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 May 2022 04:34
Last Modified: 13 May 2022 04:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102767

Actions (login required)

View Item View Item