KEPATUHAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 PADA ANAK TPA MASJID DARUL ISLAH DI RW. 03 KELURAHAN PASIE NAN TIGO PADANG TAHUN 2021

Rachmad, Aprilio (2022) KEPATUHAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 PADA ANAK TPA MASJID DARUL ISLAH DI RW. 03 KELURAHAN PASIE NAN TIGO PADANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Updated Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img] Text (KIA full taxt)
KIA RACHMAD APRILIO, S.Kep.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Coronavirus Diseases-19 atau disingkat dengan COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang ditemukan antara lain SARS, MERS dan COVID-19 yang dapat menyebabkan penyakit infeksi saluran pernafasan. Penyebaran COVID-19 yang dapat menginfeksi seluruh lapisan masyarakat, namun ada kelompok- kelompok tertentu yang lebih rentan diantaranya adalah anak usia sekolah. bahkan jumlah kematian anak meningkat hingga 50% atau 1.000 kematian anak setiap minggunya. Untuk menekan angka kematian maka diperlukan upaya preventif dalam protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak,. Penerapan prokol kesehatan sebagai langkah pengurangan angka kejadian COVID-19 yang masih belum berjalan dengan baik pada anak di tempat umum dapat meningkatkan penularan COVID-19 .Berdasarkan observasi kepada seluruh anak-anak TPA di Masjid Darul Islah RW.03 Kelurahan Pasie Nan Tigo, didapatkan hasil bahwa anak-anak TPA belum mematuhi protokol kesehatan saat keluar rumah maupun pada saat kegiatan TPA berlangsung, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan case sudy research yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kepatuhan anak-anak TPA di Masjid Darul Islah dalam penerapan protokol kesehatan di era COVID-19. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Jumlah informan pada penelitian ini yaitu 6 orang anak. Hasil wawancara ditranskrip secara verbatim dan diolah sehingga menghasilkan 4 tema yaitu: Pengetahuan tentang COVID-19, Pengetahuan tentang Protokol Kesehatan, Penerapan Protokol Kesehatan, Peran Orang Tua Terhadap Anak. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, Anak-anak TPA Masjid Darul Islah lebih mematuhi protokol Kesehatan dan lebih menerapkan di kehidupan sehari hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp.,M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan, Protokol Kesehatan, COVID-19, Anak Usia Sekolah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 May 2022 07:49
Last Modified: 13 May 2022 07:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102757

Actions (login required)

View Item View Item