PENGARUH EDUKASI KESIAPSIAGAAN BENCANA TERHADAP TINDAKAN MENYIAPKAN TAS SIAGA BENCANA BAGI IBU YANG MEMPUNYAI BAYI DI RW 9 KELURAHAN PASIA NAN TIGO PADANG

Efa, Sulasri (2022) PENGARUH EDUKASI KESIAPSIAGAAN BENCANA TERHADAP TINDAKAN MENYIAPKAN TAS SIAGA BENCANA BAGI IBU YANG MEMPUNYAI BAYI DI RW 9 KELURAHAN PASIA NAN TIGO PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab Penutup)
BAB penutup.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img] Text (KIA full taxt)
KIA EFA SULASRI, S.Kep.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Menyiapkan tas siaga bencana merupakan upaya penting yang harus di siapkan untuk mengantisipasi terjadinya bencana atau kondisi darurat lainnya. Tas siaga bencana merupakan cara untuk bertahan hidup saat bantuan belum datang atau sedang evakuasi ke tempat lain. Pada saat pasca bencana mencari sumber makanan bayi, air bersih dan perlengkapan bayi adalah hal yang sulit. Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan pendekatan quasi-eksperimen dengan rancangan pre post test one-group before and after intervension design. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi kesiapsiagaan tas siaga bencana terhadap tindakan ibu yang mempunyai bayi di RW 9 Kelurahan Pasie Nan Tigo Padang Tahun 2021. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 yaitu ibu yang mempunyai bayi. Data diolah menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian diperoleh ada perbedaan rerata antara tindakan sebelum diberikan intervensi dan tindakan setelah diberikan intervensi edukasi kesiapsiagaan tas siaga bencana.dengan p value sebesar 0.000 (Asymp.Sig. < 0.05). Untuk itu disarankan agar pelayanan kesehatan melakukan edukasi mitigasi bencana kepada ibu yang mempunyai bayi dalam menentukan titik berkumpul/bertemu keluarga serta mencatat nomor-nomor penting seperti rumah sakit, PMI dll, sehingga pada saat bencana tidak menghambat dalam proses evakuasi. Bagi ibu yang mempunyai bayi agar mempertahankan kesiapsiagaan tas siaga bencana bayi dan memeriksakadaluarsa isi tas siaga bencana secara rutin shingga ibu siap untuk menghadapi situasi bencana, Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat menjadi perbandingan bagi peneliti selanjutnya serta dapat mengembangkan edukasi dengan metoda penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S.Kep., M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Edukasi, Kesiapsiagaan, Tas Siaga Bencana dan Tindakan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 11 May 2022 03:05
Last Modified: 11 May 2022 03:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102742

Actions (login required)

View Item View Item