HUBUNGAN KEHILANGAN GIGI DENGAN TINGKAT KEPARAHAN GANGGUAN SENDI TEMPOROMANDIBULA DISC DISPLACEMENT WITH REDUCTION PADA LANSIA PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA SABAI NAN ALUIH SICINCIN

PUTERI, RANTI (2014) HUBUNGAN KEHILANGAN GIGI DENGAN TINGKAT KEPARAHAN GANGGUAN SENDI TEMPOROMANDIBULA DISC DISPLACEMENT WITH REDUCTION PADA LANSIA PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA SABAI NAN ALUIH SICINCIN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (FULLTEXT)
201410271438th_1010343001_puteri ranti_skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)

Abstract

Sistem stomatognati terdiri dari tiga organ utama yaitu sendi temporomandibula, otot pengunyahan, dan gigi geligi beserta struktur pendukungnya yang berfungsi secara harmonis dan dikoordinasikan oleh system syaraf pusat. Kehilangan gigi dapat menyebabkan perubahan keseimbangan oklusi gigi geligi, yang dapat menyebabkan gangguan pada sendi temporomandibula salah satunya adalah disc displacement with reduction Kehilangan gigi banyak terjadi pada lansia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kehilangan gigi dengan tingkat keparahan gangguan sendi temporomandibula disc displacement with reduction pada lansia Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi analitik dengan desain cross sectional, penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2014 bertempat di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin. Pemeriksaan Tingkat Keparahan gangguan dengan menggunakan kuesioner Fonseca dengan responden penelitian sebanyak 33 orang. Analisis data menggunakan one way Anova dengan derajat kepercayaan 0,05. Pada penelitian ini didapatkannya jumlah minimal kehilangan gigi pada responden adalah sebanyak 4 gigi dan jumlah maksimal kehilangan gigi adalah sebanyak 29 gigi. Tingkat keparahan ringan menjadi tingkat keparahan yang paling banyak dialami pada responden yaitu sebesar 66,70%. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa hubungan kehilangan gigi dengan tingkat keparahan gangguan sendi termporomandibula disc displacement with reduction pada lansia Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin tidak signifikan (p>0,05). Data acuan : 33 (1998-2013) Kata Kunci : Gangguansenditemporomandibula, Kehilangan Gigi, Lansia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 04 Jun 2016 04:17
Last Modified: 04 Jun 2016 04:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10268

Actions (login required)

View Item View Item