Pengaruh Pemakaian Kaliandra Dalam Ransum Mengandung Sumber Protein Berbeda Fermentabilitasnya Terhadap Konsumsi, Kecernaan Protein, Dan Keseimbangan Nitrogen Pada Ternak Domba

USEP, ROBYANTO PRANATA (2014) Pengaruh Pemakaian Kaliandra Dalam Ransum Mengandung Sumber Protein Berbeda Fermentabilitasnya Terhadap Konsumsi, Kecernaan Protein, Dan Keseimbangan Nitrogen Pada Ternak Domba. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (FULLTEXT)
201410271426th_usep robyanto pranata_0910611045_peternakan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan secara in-vivo di kandang Unit Pelaksana Teknis (UPT) Fakultas Peternakan dan Laboratorium Ruminansia Universitas Andalas. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kaliandra, bahan pakan sumber protein (ampas tahu dan bungkil kedele), bahan pakan sumber karbohidrat (onggok dan kulit ubi kayu), serta 16 ekor ternak domba berumur 8-12 bulan dengan berat berkisar 8-13 kg. Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Peubah yang diamati adalah konsumsi dan kecernaan protein kasar, serta keseimbangan nitrogen pada ternak domba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemakaian kaliandra dalam ransum ternak domba berpengaruh sangat nyata (P<0,01) meningkatkan konsumsi dan kecernaan protein kasar serta retensi nitrogen. Peningkatan konsumsi maupun kecernaan protein kasar ditunjukkan oleh kaliandra sebagai sumber tanin yang dapat memproteksi protein bungkil kedele dan ampas tahu sehingga dapat lolos dari degradasi mikroba rumen dan dapat digunakan sebagai protein yang dapat memproteksi protein bungkil kedele dan ampas tahu sehingga dapat lolos dari degradasi mikroba rumen dan dapat digunakan sebagai protein by pass. Kata kunci : Kaliandra, sumber protein, fermentabilitas, keseimbangan nitrogen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 04 Jun 2016 04:16
Last Modified: 04 Jun 2016 04:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10267

Actions (login required)

View Item View Item