ANALISIS MORFOMETRIK GELATIK JAWA (Lonchura oryzivora (Linnaeus, 1758)) (Passeriformes; Estrildidae) DI SUMATERA BARAT, JAWA, KANGEAN, BAWEAN DAN BALI

zuyanna, zuyanna (2022) ANALISIS MORFOMETRIK GELATIK JAWA (Lonchura oryzivora (Linnaeus, 1758)) (Passeriformes; Estrildidae) DI SUMATERA BARAT, JAWA, KANGEAN, BAWEAN DAN BALI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUPAN)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img] Text (skripsi lengkap)
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian Analisis Morfometrik Gelatik Jawa (Lonchura oryzivora Linnaeus 1758) Di Sumatra Barat Dan Jawa Barat, Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bawean, Kangean, dan Bali telah dilakukan dari Januari 2021- Desember 2021. Pengukuran sampel Jawa Barat, Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bawean, Kangean, dan Bali dilakukan di Laboratorium Biosistematika Burung, Bidang Zoologi, PUSLIT Biologi, LIPI, Cibinong. Sementara pengukuran sampel dari Sumatera Barat dikoleksi secara langsung di lapangan. Analisis dilakukan di museum Zoologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas menggunakan Uji Kruskall-Waliss, Man-Whitney dan Unweighted Pair Group Method Aritmatic Average (UPGMA) pada NTsys-PC. Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi pada populasi di Sumatera Barat. Enam karakter dari delapan karakter yang diuji memiliki perbedaan secara signifikan, yaitu: panjang paruh, lebar paruh, ketebalan paruh, panjang sayap, panjang tarsus, dan panjang ekor. Uji lanjut menggunakan Man-Whitney yang dilakukan antara dua populasi yaitu populasi Sumatera Barat dengan Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Tetapi panjang paruh pada populasi Sumatera Barat dengan Jawa Barat dan Bawean memiliki perbedaan secara signifikan. Juga terdapat tiga karakter berbeda nyata antara Sumatera Barat dan Bali yakni, panjang paruh, ketebalan paruh, dan panjang ekor. Semua karakter morfometrik antara populasi Sumatera Barat dengan Kangean berbeda secara signifikan. Kata Kunci: Gelatik Jawa, Lonchura oryzivora, Morfometrik, Sumatera.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Wilson Novarino
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Gelatik Jawa, Lonchura oryzivora, Morfometrik, Sumatera.
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 10 May 2022 04:47
Last Modified: 10 May 2022 04:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102650

Actions (login required)

View Item View Item