TINGKAT KESIAPSIAGAAN KEPALA KELUARGA YANG MEMILIKI LANSIA DALAM MENGHADAPI ANCAMAN BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI DI KELURAHAN PASIE NAN TIGO TAHUN 2022

Fitri, Annisa (2022) TINGKAT KESIAPSIAGAAN KEPALA KELUARGA YANG MEMILIKI LANSIA DALAM MENGHADAPI ANCAMAN BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI DI KELURAHAN PASIE NAN TIGO TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar poustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img] Text (KIA full taxt)
KIA fitri annisa_finish.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lansia menjadi kelompok rentan ketika terjadi bencana disebabkan lansia mengalami perubahan kondisi fisik dan psikologis. Kepala keluarga merupakan anggota terdekat sebagai pengambil keputusan yang memandu anggota keluarga dalam mengevakuasi anggota keluarga lainnya yang memiliki lansia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kesiapsiagaan kepala keluarga yang memiliki lansia dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami di wilayah rawan bencana RW 03 dan RW 14 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan total sampling yaitu seluruh kepala keluarga yang memiliki lansia di RW 03 dan RW 14 sebanyak 81 orang. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Desember 2021 sampai Januari 2022. Data dikumpulkan dengan kuisioner LIPI-UNESCO/ ISDR 2006, selanjutnya di uji statistik secara komputerisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala keluarga yang memiliki lansia di RW 03 dan RW 14 terbanyak dalam rentang usia 46-55 (48,1%), hampir separuh berpendidikan SMA/Sederajat (45,7%) dan lebih separuh responden berjenis kelamin laki-laki (51,9%) dan bekerja sebegai nelayan (30,5%). Tingkat kesiapsiagaan kepala berada pada kategori siap (45,7%). Tingkat pengetahuan dan sikap kepala keluarga berada dalam kategori sangat siap (44,4%), Tingkat rencana tanggap darurat pada kepala keluarga berada pada kategori sangat siap (42,0%). Tingkat mobilisasi sumber daya kepala keluarga berada pada kategori kurang siap (25,9%). Diharapkan kepada pemerintah untuk membuat suatu program rencana tanggap darurat bagi keluarga dengan lansia dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami bagi masyarakat RW 03 dan RW 14 Kelurahan Pasie Nan Tigo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Fitri Mailani, M.Kep
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan, Manajemen Bencana, Lansia, Kepala Keluarga,
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 May 2022 07:24
Last Modified: 10 May 2022 07:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102633

Actions (login required)

View Item View Item