PENGARUH EDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KESIAPSIAGAAN KELUARGA DENGAN KELOMPOK RENTAN ANAK PRASEKOLAH PADA SAAT PRA BENCANA GEMPA BUMI DI RW 09 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG TAHUN 2022

Mimi, AgustiSastika (2022) PENGARUH EDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KESIAPSIAGAAN KELUARGA DENGAN KELOMPOK RENTAN ANAK PRASEKOLAH PADA SAAT PRA BENCANA GEMPA BUMI DI RW 09 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KIA full taxt)
KIA Mimi Agusti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Setiap bencana alam akan memberikan dampak negatif pada setiap orang, terutama kelompok rentan. Salah satu kelompok rentan bencana yang berisiko mengalami dampak bencana yaitu anak-anak karena belum bisa menyelamatkan diri sendiri, sehingga peluang menjadi korban lebih besar. Keluarga perlu menyiapkan mekanisme dan sumber daya kesiapsiagaan bencana dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk tanggap menghadapi bencana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi terhadap pengetahuan dan sikap kesiapsiagaan keluarga dengan kelompok rentan anak prasekolah pada saat prabencana gempa bumi di RW 09 Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Tahun 2022. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimental dengan rancangan One Group Pretest and Post-test design. Pendidikan Kesehatan dilakukan dengan metode ceramah menggunakan media lembar balik dan leaflet dengan jumlah responden 40 orang. Hasil penelitian didapatkan adanya peningkatan rata-rata pengetahuan responden sebelum dan setelah diberikan edukasi, yaitu dari 5,70 menjadi 8,42, dan peningkatan sikap responden sebelum dan setelah diberikan edukasi, yaitu dari 12,60 menjadi 25,98. Terdapat pengaruh edukasi terhadap pengetahuan dan sikap kesiapsiagaan keluarga dengan kelompok rentan anak prasekolah pada saat prabencana gempa bumi di RW 09 Kelurahan Pasie Nan Tigo dengan nilai p = 0,000. Diharapkan pada penelitian selanjutnya memodifikasi penelitian tentang pengaruh edukasi terhadap pengetahuan dan sikap keluarga dengan kelompok rentan anak usia prasekolah pada saat prabencana gempa bumi terutama materi mengenai mitigasi bencana gempa bumi keluarga dan tas bencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S.Kep, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Bencana, Usia rentan, Anak prasekolah, Pendidikan kesehatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 May 2022 08:53
Last Modified: 10 May 2022 08:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102612

Actions (login required)

View Item View Item