STUDI KASUS:GAMBARAN PERAN TOKOH MASYARAKAT DALAM KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI BENCANA DI KELURAHAN PASIE NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG TAHUN 2021

Fahzima, Fahzima (2022) STUDI KASUS:GAMBARAN PERAN TOKOH MASYARAKAT DALAM KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI BENCANA DI KELURAHAN PASIE NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover&abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img] Text (KIA Full text)
KIA FAHZIMA, S. Kep.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Negara Indonesia merupakan salah satu negara didunia yang sebagian besar wilayahnya rawan bencana. Karena wilayah Indonesia berada pada pertemuan tiga lempeng tektonik aktif, selain itu juga dilalui oleh jalur gunung api aktif (cincin api pasifik) serta adanya fenomena ENSO (El-Nino Southern Oscillation) dan La Nina. Bencana itu akan mengganggu kehidupan dan tatanan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam dan/atau faktor non alam maupun faktor manusia. Menimbulkan korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis. Hal ini menunjukkan pentingnya keikutsertaan semua pihak termasuk tokoh masyarakat untuk mendukung upaya pemerintah dalam manajemen penanggulangan bencana. Baik itu pada fase yang meliputi mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat dan pemulihan akan mengurangi dampak meluasnya bencana. Tujuan penelitian ini ingin mendapatkan gambaran peran tokoh masyarakat dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana di Kelurahan Pasie Nan Tigo. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian case study research dengan metode kualitatif. Penelitian ini memiliki 4 (empat) orang partisipan. Pemilihan partisipan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil wawancara mendalam ditranskip secara verbatim dan diolah menghasilkan 6 tema: 1). Membuat Perencanaan; 2). Memimpin Evakuasi; 3). Memberi dukungan emosional; 4). Memberi dukungan informatif; 5). Koordinator; dan 6). Memberi dukungan instrumental. Diharapkan tokoh masyarakat Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah bisa menjalankan perannya lebih maksimal. Terutama dalam hal perencanaan di fase pra bencana (mitigasi dan kesiapsiagaan) menghadapi bencana. Disamping itu tokoh masyarakat Pasie Nan Tigo diharapkan menjadi role model bagi masyarakatnya terkait kepatuhan pelaksanaan protokol kesehatan dan vaksinasi covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Lili Fajria, S.Kep, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Bencana; Kesiapsiagaan; Peran; Tokoh Masyarakat.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 May 2022 07:18
Last Modified: 10 May 2022 07:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102605

Actions (login required)

View Item View Item