GAMBARAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG PENGGUNAAN VAKSIN DALAM MENGHAMBAT PENYEBARAN BENCANA NON ALAM COVID 19 DI RW 4 KELURAHAN PASIE NAN TIGO

Elvianis, Elvianis (2022) GAMBARAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG PENGGUNAAN VAKSIN DALAM MENGHAMBAT PENYEBARAN BENCANA NON ALAM COVID 19 DI RW 4 KELURAHAN PASIE NAN TIGO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstract)
Cover dan Abstract.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img] Text (Karya Ilmiah Akhir Elvianis)
Karya Ilmiah Akhir Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Coronavirus Diseases-19 atau disingkat dengan COVID-19 merupakan bencana non alam yang sudah mewabah di dunia. Salah satu solusi alternatif untuk masalah kesehatan ini adalah dengan pemberian vaksinasi. Remaja merupakan kelompok rentan yang perlu diberi vaksinasi. Sikap terhadap vaksin sangat dipengaruhi oleh pengetahuan remaja. Pengetahuan merupakan salah satu dari ketiga komponen pembentuk sikap yaitu komponen kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran pengetahuan remaja tentang vaksin COVID-19 di RW 04 Kelurahan Pasie Nan Tigo Jenis penelitian adalah metode survei deskriptif. Jumlah sampel 40 orang remaja dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Pengetahuan diukur melalui kuesioner. Data dianalisis dengan univariat melalui analisa distribusi frekuensi Ditemukan 52,2 % remaja memiliki pengetahuan yang cukup tentang vaksin COVID 19. 80,0% remaja memiliki pengetahuan yang kurang tentang pengertian vaksin. 92,5% remaja memiliki pengetahuan yang kurang tentang manfaat vaksin. 50% remaja berpengetahuan baik tentang efek samping vaksin. 70,0% remaja berpengetahuan baik tentang penerima vaksin dan 65,0% memiliki pengetahuan yang kurang tentang keamanan vaksin Penelitian ini menyimpulkan lebih separuh remaja (52,2%) memiliki pengetahuan yang cukup tentang vaksin COVID 19. Disarankan untuk meningkatkan pengetahuan bagi remaja melalui pihak yang dapat diperaya, menjadikan hasil penelitian ini sebagai data awal untuk mengkaji lebih jauh tentang pengetahuan dan kaitannya dengan vaksin COVID 19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Hj. Ns. Lili Fajria, S.Kep, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Vaksin COVID-19, Pengetahuan, Remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 May 2022 02:53
Last Modified: 10 May 2022 02:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102498

Actions (login required)

View Item View Item