KESIAPSIAGAAN NELAYAN DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI DI WILAYAH RAWAN BENCANA RT 03 RW 10 KELURAHAN PASIE NAN TIGO

Iska, Ayu Putri (2022) KESIAPSIAGAAN NELAYAN DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI DI WILAYAH RAWAN BENCANA RT 03 RW 10 KELURAHAN PASIE NAN TIGO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img] Text (full text karya ilmiah akhir)
ISKA AYU PUTRI, S.Kep siap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sumatera Barat menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi 5 provinsi tertinggi kejadian bencana seperti gempa bumi dan tsunami. Salah satu kelompok yang rentan terkena dampak bencana gempa bumi dan tsunami adalah nelayan. Nelayan menjadi beresiko terkena dampak bencana dikarenakan nelayan melakukan aktivitas dan menghabiskan banyak waktunya di laut untuk mencari nafkah dan sebagian besar juga tinggal di wilayah pesisir. Oleh karena itu perlu adanya kesiapsiagaan masyarakat nelayan dalam menghadapi bencana seperti gempa bumi dan tsunami. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan desain cross sectional dengan jumlah sampel 54 responden menggunakan metode total sampling. Instrumen yang digunakan LIPI/ISDR 2006. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 31,3% nelayan tidak tamat sekolah, 60,4% nelayan memiliki tingkat kesiapsiagaan dengan kategori siap. Parameter pengetahuan dan sikap tentang bencana sebanyak 64,6% dengan kategori siap, parameter rencana tanggap darurat bencana sebanyak 60,4% dengan kategori belum siap, parameter sistem peringatan bencana sebanyak 29,2% dengan kategori hampir siap dan parameter mobilisasi sumber daya sebanyak 43,8% dengan kategori belum siap. Penelitian ini menyarankan kepada nelayan RT 03 RW 10 Kelurahan Pasie Nan Tigo agar meningkatkan kesiapsiagaan tanggap darurat bencana dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Mohd. Jamil, S.Kp., M.Biomed
Uncontrolled Keywords: kesiapsiagaan, nelayan, gempa bumi, tsunami.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 May 2022 08:10
Last Modified: 09 May 2022 08:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102486

Actions (login required)

View Item View Item