ANALISIS FUNGSI KELOMPOK KOMUNITAS PETANI ALAMI (KPA) DI NAGARI KOTO LAWEH KECAMATAN CANDUANG KABUPATEN AGAM SUMATERA BARAT

Randi, Putra Nado (2021) ANALISIS FUNGSI KELOMPOK KOMUNITAS PETANI ALAMI (KPA) DI NAGARI KOTO LAWEH KECAMATAN CANDUANG KABUPATEN AGAM SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
abstrak-converted(1).pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN-converted.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5 penutup)
BAB 5 PENUTUP-converted.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
skripsi print.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kelompok tani pada dasarnya merupakan kelembagaan petani non-formal di pedesaan yang memiliki karakteristik tertentu. Dalam mencapai tujuannya, kelompok tani menjalankan empat fungsi yaitu sebagai unit belajar, unit kerjasama, unit produksi, dan unit usaha. Tujuan dari penelitian ini yaitu menilai keberhasilan pelaksanaan fungsi kelompok pada Komunitas Petani Alami (KPA) di Nagari Koto Laweh Kecamatan Canduang Kabupaten Agam Sumatera Barat. Metode yang digunakan adalah metode survei. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 45 orang dan diambil sampel sebanyak 30 orang secara purposive. Untuk menilai keberhasilan kelompok tani dalam menjalankan fungsi kelompok tani di Nagari Koto Laweh Kecamatan Candung Kabupetan Agam digunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa fungsi kelompok tani KPA secara umum di Nagari Koto Laweh kurang berhasil. Fungsi kelompok tani sebagai unit belajar sudah berhasil, namun fungsi kelompok sebagai unit kerjasama dan unit produksi masih kurang berhasil. Untuk itu disarankan agar kelompok KPA lebih mendorong petani dalam menjalin kerjasama dengan lembaga lain di luar kelompok seperti lembaga keuangan, pemerintah nagari, dan lembaga lainnya. Diharapkan juga terjadinya peningkatan produksi pada kelompok dengan adanya materi-materi yang disampaikan oleh penyuluh terutama untuk mengatasi serangan hama & penyakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nuraini Budi Astuti, SP. MSi.
Uncontrolled Keywords: Komunitas Petani Alami (KPA), Fungsi kelompok tani, keberhasilan kelompok
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 09 May 2022 08:11
Last Modified: 09 May 2022 08:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102468

Actions (login required)

View Item View Item