STUDI KASUS : KESIAPSIAGAAN IBU HAMIL DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DENGAN TAS SIAGA BENCANA DI RW 04 KELURAHAN PASIE NAN TIGO

Dewi, Rahayu Ningsih (2022) STUDI KASUS : KESIAPSIAGAAN IBU HAMIL DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DENGAN TAS SIAGA BENCANA DI RW 04 KELURAHAN PASIE NAN TIGO. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ibu hamil merupakan salah satu kelompok rentan yang berisiko tinggi terkena dampak bencana karena mempunyai kemampuan yang kurang dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi risiko bencana. Dalam mempersiapkan tas siaga bencana, hanya sedikit ibu hamil yang sudah mempersiapkannya. Tas siaga bencana harus dipersiapkan oleh ibu hamil sebelum terjadinya bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kesiapsiagaan ibu hamil dalam menghadapi bencana gempa bumi dengan tas siaga bencana di RW 04 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada 7 partisipan yang diambil dengan purposive sampling. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam (indepth interview), voice record dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan 2 tema utama yaitu pengetahuan ibu hamil tentang kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan rencana tanggap darurat yang dilakukan ibu hamil. Dari hasil penelitian ini diharapkan pemerintah mempunyai program yang efektif seperti melibatkan peran aktif kader ibu hamil dalam melakukan sosialisasi kepada ibu hamil tentang upaya meningkatkan kesiapsiagaan bencana yang salah satunya adalah menyiapkan tas siaga bencana. Kata kunci : gempa bumi, Ibu hamil, kesiapsiagaan, tas siaga bencana Daftar Pustaka : 57 (2006-2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rika Sabri,S.Kp.,M.Kes.,Sp.Kep.Kom
Uncontrolled Keywords: gempa bumi, Ibu hamil, kesiapsiagaan, tas siaga bencana
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 May 2022 08:35
Last Modified: 09 May 2022 08:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102407

Actions (login required)

View Item View Item