GAMBARAN PERILAKU MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ANDALAS TERHADAP PROTOKOL KESEHATAN DALAM MENCEGAH PENYEBARAN COVID-19

Khairunnisa, Lizzikrillah (2022) GAMBARAN PERILAKU MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ANDALAS TERHADAP PROTOKOL KESEHATAN DALAM MENCEGAH PENYEBARAN COVID-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1.)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Corona virus disease 2019 (Covid-19) merupakan penyakit menular diakibatkan oleh virus corona yang berasal dari Wuhan, Cina. Penyakit ini menyebar dengan sangat cepat melalui cairan tubuh dan menyerang saluran pernapasan manusia dengan gejala umumnya adalah demam tinggi dan sesak nafas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran perilaku mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Andalas terhadap protokol kesehatan yang telah diterapkan di Indonesia dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross sectional study yang dilakukan dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dari bulan Januari hingga Februari 2022 dengan 342 responden yang merupakan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Andalas angkatan 2018, 2019, dan 2020. Data yang diperoleh adalah data primer yang dikumpulkan dari kuesioner yang dikumpulkan secara daring yang kemudian di analisis dengan analisis univariat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden memiliki persentase tingkat pengetahuan baik (86,5%), sikap baik (72,5%), dan tindakkan baik (56,1%) terhadap protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran covid-19. Kesimpulan penelitian ini adalah responden memiliki tingkat pengetahuan, sikap, dan tindakkan baik terhadap menjalankan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian mengenai protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran covid-19 berdasarkan jenis kelamin, stigma, dan sanksi yang disarankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Abdiana, SKM., M. Epid
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Pencegahan, Protokol kesehatan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 09 May 2022 02:29
Last Modified: 09 May 2022 02:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102383

Actions (login required)

View Item View Item