PENGARUH PENYULUHAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP LANSIA DI RW VII KELURAHAN PASIE NAN TIGO PADANG TAHUN 2021

Marissa Sandra, Sandra (2022) PENGARUH PENYULUHAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP LANSIA DI RW VII KELURAHAN PASIE NAN TIGO PADANG TAHUN 2021. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V .pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text (Full Text KIA)
Full Text_KIA.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lansia merupakan kelompok rentan yang sangat beresiko terkena dampak bencana baik secara fisik maupun psikis sehingga perlu perhatian khusus untuk mengurangi resiko bencana. Saat ini diketahui masih kurangnya pengetahuan dan sikap lansia terhadap kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami. Penyuluhan kesiapsiagaan merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap lansia.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami terhadap pengetahuan dan sikap lansia di RW VII kelurahan Pasie Nan Tigo Padang.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis quasy experimental dengan desain one group pretest-posttest design without control group.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 15 lansia yang didapatkan dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner.Analisa univariat menunjukkan jumlah dan persentase tiap variabel. Analisis bivariat dengan menggunakan paired t test. Hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan pada pengetahuan dan sikap lansia sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan kesiapsiagaan bencana gempabumi dan tsunami (p- value = 0,000). Diharapkan adanya tindaklanjut dalam hal edukasi maupun simulasi sehingga pengetahuan dan sikap lansia tentang kebencanaan terus meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 May 2022 03:30
Last Modified: 09 May 2022 03:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102336

Actions (login required)

View Item View Item