STUDI KASUS: KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI PADA KELUARGA DENGAN ANAK BALITA DI RW 14 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH PADANG 2021

Siti, Ramlah (2022) STUDI KASUS: KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI PADA KELUARGA DENGAN ANAK BALITA DI RW 14 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH PADANG 2021. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (full text)
KIA_SITI RAMLAH_pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)

Abstract

Anak balita merupakan salah satu dari kelompok rentan ketika terjadi bencana. Kelompok ini berisiko tinggi karena pada saat bencana terjadi akan merasakan dampak yang lebih besar daripada kelompok masyarakat lainnya karena membutuhkan perlakuan dan perlindungan khusus agar bisa bertahan menghadapi situasi pascabencana.Penerapan mata kuliah keperawatan bencana telah dilakukan oleh mahasiswa yang juga melibatkan anak-anak dalam program mitigasi bencana.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan case study researchyang bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pemahaman keluarga dengan anak balita tentang keasiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami di RW 14 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Teknik pengumpulan data menggunakan In-depth Interview. Jumlah partisipan dalam penelitian ini sebanyak sepuluh orang yaitu keluarga anak balita. Hasil wawancara ditranskip secara verbatim diolah sehingga menghasilkan empat tema utama yaitu : (1) Keluarga anak balita sudah memiliki pengetahuan dasar tentang gempa bumi dan tsunami(2) Keluarga anak balita sudah memiliki sikap tanggap terhadap bencana seperti jalur evakuasi saat terjadi gempa bumi(3) Keluarga anak balita tidak menyiapkan kebutuhan yang diperlukan untuk anak balita(4) Keluarga anak balita sudah mempersiapkan diri dari segi sistim peringatan dan informasi bencana.Diharapkan keluarga dapat meningkatkan pengetahuan tetang kesiapsiagaan bencana serta menyiapkan perlengkapan siaga bencana untuk anak balita jika sebelum terjadinya bencana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 28 Apr 2022 04:42
Last Modified: 28 Apr 2022 04:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102260

Actions (login required)

View Item View Item