KETERLIBATAN AIESEC DI INDONESIA SEBAGAI NON-GOVERNMENT ORGANIZATION (NGO) DALAM MENDUKUNG SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs)

Jimas, Ifandy Baskara (2022) KETERLIBATAN AIESEC DI INDONESIA SEBAGAI NON-GOVERNMENT ORGANIZATION (NGO) DALAM MENDUKUNG SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK - Jimas Ifandy Baskara.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1 - Jimas Ifandy Baskara.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB AKHIR - Jimas Ifandy Baskara.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA - Jimas Ifandy Baskara.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI - Jimas Ifandy Baskara.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Keterlibatan dari sebuah Non-Government Organization sangat penting untuk mendukung program dari pemerintah salah satunya adalah SDGs. AIESEC di Indonesia sebagai salah satu Non-Government Organization yang mendukung SDGs lewat beberapa proyek sosial yang mereka lakukan di 26 cabang AIESEC yang tersebar di seluruh Indonesia. Proyek sosial yang diadakan juga melibatkan banyak mahasiswa asing lewat program Global Volunteer yang diadakan oleh AIESEC di Indonesia. SDGs dijadikan sebuah landasan bagi AIESEC di Indonesia dalam melakukan dampak sosial kepada masyarakat. SDGs memiliki total 17 nomor permasalahan sosial, namun dalam penelitian ini lebih berfokus memnbahas isu pendidikan, ekonomi dan perdamaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah peranan NGO yang dielaborasikan dengan konsep SDGs. Hasil dari penelitian menunjukkan AIESEC sebagai NGO memiliki berbagai proyek sosial dengan fokus isu sosial yang beragam, namun tetap memiliki arahan yang sama dari AIESEC di Indonesia pada tingkatan Nasional. Dari 26 cabang AIESEC di Indonesia, terdapat 7 AIESEC cabang di Indonesia yang memiliki proyek sosial yang menarik dan berkelanjutan dalam mendukung SDGs. Kegiatan yang dilaksanakan oleh AIESEC dilaksanakan dengan melibatkan mahasiswa asing lewat program Global Volunteer. Namun, perbaikan harus terus dilakukan mengingat situasi Pandemi Covid-19 saat ini menjadi faktor penghambat pelaksanaan proyek sosia. Perlu dilakukan adaptasi agar pelaksanaan proyek sosial dapat kembali berjalan menyesuaikan dengan situasi saat ini. Kata Kunci: AIESEC, Non-Government Organization, Sustainable Development Goals, Organisasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Asrinaldi, M.si
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 28 Apr 2022 04:05
Last Modified: 28 Apr 2022 04:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102253

Actions (login required)

View Item View Item