STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH RASIO TULANGAN LONGITUDINAL TERHADAP KEKUATAN GESER BALOK TANPA SENGKANG PADA SAMBUNGAN BALOK-KOLOM

NOVRIALDI, EKA PUTRA (2014) STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH RASIO TULANGAN LONGITUDINAL TERHADAP KEKUATAN GESER BALOK TANPA SENGKANG PADA SAMBUNGAN BALOK-KOLOM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (FULLTEXT)
201410271245th_novrialdi eka putra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Suatu bangunan memiliki ketahanan yang baik terbuat dari struktur beton bertulang dapat diamati dari struktur struktural bangunan itu sendiri. Salah satu komponen struktural yang paling berpengaruh dalam keruntuhan suatu bangunan adalah sambungan balok-kolom (daerah joint). Keruntuhan bangunan tersebut, khususnya bangunan gedung beton bertulang adalah akibat kerusakan dari sambungan balokkolom yang merupakan bagian struktur yang terpenting pada bangunan teknik sipil. Penelitian ini dimaksudkan untuk meneliti perilaku sambungan balok-kolom beton bertulang dengan variasi rasio tulangan longitudinal balok serta mengetahui besarnya beban pada saat retak awal (first crack), dan beban saat runtuh. Benda uji yang diteliti adalah 3 sambungan balok kolom dengan variasi tulangan longitudinal pada balok tanpa menggunakan tulangan tranversal. Untuk memperoleh kuat geser balok pada sambungan balok kolom dilakukan pengujian kuat lentur dengan memberikan beban pada ujung balok dengan pembebanan secara terpusat sampai sambungan balok kolom mengalami keruntuhan. Penelitian ini dilakukan di dalam Laboratorium Material dan Struktur Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Andalas. ii Hasil yang diperoleh pada penilitian ini adalah semakin besar rasio tulangan yang digunakan maka semakin besar beban yang dapat ditahan balok. Ketiga benda uji mengalami keruntuhan geser. Kata Kunci: sambungan balok kolom, rasio tulangan, beban batas, keruntuhan geser.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 02 Jun 2016 10:11
Last Modified: 02 Jun 2016 10:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10224

Actions (login required)

View Item View Item