MARKETING POLITIK PASANGAN CALON PERSEORANGAN(INDEPENDENT) INDRA JAYA PILIANG-JOSE RIZAL PADA PEMILUKADA KOTA PARIAMAN TAHUN 2013

ADE, RAHMAT KURNIA SARI (2014) MARKETING POLITIK PASANGAN CALON PERSEORANGAN(INDEPENDENT) INDRA JAYA PILIANG-JOSE RIZAL PADA PEMILUKADA KOTA PARIAMAN TAHUN 2013. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201411241320th_pdf tesis dr.dinda aprilia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini menjelaskan marketing politik yang dilakukan oleh calon perseorangan (independent) IJP-JOSS pemilukada Kota Pariaman tahun 2013 dan mengidentifikasi faktor yang menyebabkan kekalahan pasangan tersebut. Dalam menjelaskan marketing politik pasangan IJP-JOSS dilihat dari segmentasi, targetting dan positioning pada pemilukada Adapun identifikasi faktor penyebab kekalahan dilihat faktor personal kandidat, sumber daya sosial dan ekonomi, dan pemilih yang berorientasi partai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Teori yang digunakan sebagai proses analisis adalah teori marketing politik menurut Smith dan Hirst. Pemilihan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling , dengan kriteria yang ditentukan sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pelaksanaan marketing politik yang dilakukan pasangan IJP-JOSS, dari segi segmentasi adalah mengidentifikasi masyarakat berdasarkan demografi, sosialbudaya, dan sebab akibat dengan target sasaran pemilih untuk melakukan sosialisasi adalah seluruh kalangan dengan melihat potensi-potensi dari segi ekonomi, politik dan pendidikan yang di miliki oleh Kota Pariaman. Selain itu positioning yang dilakukan pasangan ini berbentuk door to door dengan membagikan tabloid, jalan-jalan menggunakan Odong-odong, membuka taman baca, membuka lembaga kursus gratis, dan melaksanakan kegiatan sosial setiap hari Rabu. Faktor yang menyebabkan pasangan IJPJOSS kalah pada pemilukada adalah popularitas IJP-JOSS yang masih belum dikenal oleh masyarakat Kota Pariaman secara keseluruhan, singkatnya waktu sosialisasi yang dilakukan IJP-JOSS, tidak memiliki jaringan massa yang kuat, kondisi sosial masyarakat yang masih lebih memilih pemimpin yang domisili di Kota Pariaman. Kata kunci : pemilukada, marketing politik, segmentasi, targetting, positioning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 02 Jun 2016 10:11
Last Modified: 02 Jun 2016 10:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10223

Actions (login required)

View Item View Item