Studi Kasus : Pengalaman Kader Siaga Bencana Setelah Mengikuti Pelatihan Praktis Keterampilan Bantuan Hidup Dasar Di Rw 14 Kelurahan Pasie Nan Tigo

Rebecka Lamria, Lamnia HUtagalung (2022) Studi Kasus : Pengalaman Kader Siaga Bencana Setelah Mengikuti Pelatihan Praktis Keterampilan Bantuan Hidup Dasar Di Rw 14 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS KARYA ILMIAH AKHIR, JANUARI 2022 Nama : Rebecka Lamria Hutagalung, S.Kep No. BP : 2041312097 STUDI KASUS : PENGALAMAN KADER SIAGA BENCANA SETELAH MENGIKUTI PELATIHAN PRAKTIS KETERAMPILAN BANTUAN HIDUP DASAR DI RW 14 KELURAHAN PASIE NAN TIGO ABSTRAK Kejadian bencana dapat menyebabkan banyak korban, korban yang terbanyak adalah manusia. Tindakan penyelamatan pertama ini sangat penting bagi masyarakat awam karena kejadian kegawatdaruratan dapat di jumpai dimana saja dan kapan saja. Menghadapi kondisi kegawatdaruratan seperti saat terjadinya bencana alam, menuntut individu atau kader masyarakat yang menemukan korban untuk memberikan pertolongan segera. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh pemahaman tentang pengalaman kader siaga bencana (KSB) dan makna pengalaman tersebut bagi dirinya dalam konteks pelatihan praktis bantuan hidup dasar (BHD) di RW 14 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam pada 5 partisipan sesuai kriteria inklusi. Dari hasil analisis data di dapatkan 3 tema yang menjelaskan tentang pengalaman kader siaga bencana setelah mengikuti pelatihan praktis keterampilan bantuan hidup dasar di RW 14 Kelurahan Pasie Nan Tigo yaitu, 1) Pengetahuan dan Sikap Terhadap Bencana, 2) Pengalaman mengikuti pelatihan BHD, 3) Manfaat melakukan pelatihan BHD. Penelitian ini memberikan saran kepada kader dan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan BHD dalam menghadapi bencana dan kepada tenaga kesehatan untuk memberikan program lanjutan kegiatan pelatihan ini. Kata kunci : Bencana, kesiapsiagaan bencana, BHD, kader siaga bencana, pengalaman Daftar pustaka : 66 (2012 – 2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 28 Apr 2022 04:15
Last Modified: 28 Apr 2022 04:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102225

Actions (login required)

View Item View Item