Rina, Wati (2022) FAKTOR PENYEBAB ANAK TINGGAL KELAS (Studi Kasus SD 02 Padang Ganting). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (257kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version Download (383kB) | Preview |
|
|
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version Download (93kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (165kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK RINA WATI, 1510812028, Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, Judul Skripsi : Faktor Penyebab Anak Tinggal Kelas (Studi SD 02 Padang Ganting Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar). Pembimbing I Dr. Alfan Miko, M.Si , Pembimbing II Dra Nini Anggraini, M.Pd. Pendidikan merupakan tanggung jawab dari semua pihak, mulai dari keluarga, masyarakat, dan pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan faktor internal anak tinggal kelas 2) Mendeskripsikan faktor eksternal anak tinggal kelas di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi anak tinggal kelas di sekolah dasar. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Kontrol Sosial yang dikemukakan oleh Travis Hirschi. Teori Kontrol Sosial lebih memfokuskan diri kepada teknik dan strategi yang akan mengatur tingkah laku manusia, dan membawanya kepada penyesuaian atau ketaatan kepada aturan-aturan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif. Pemulihan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi. Informan penelitian menggunakan Purposive Sampling dan mengumpulkan data menggunakan teknik wawancara mendalam. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 15 orang. Berdasarkan hasil temuan di lapangan adanya faktor internal dan eksternal menyebabkan anak tinggal kelas di SD 02 Padang Ganting. Faktor internal yang ditemukan peneliti adalah terlalu banyak bermain, malas belajar, dan tidak memahami pelajaran. Sedangkan faktor eksternal yang ditemukan adalah pengaruh teman sebaya, kurangnya motivasi lingkungan sekitar, dan pendidikan orang tua yang rendah. Kata Kunci : Faktor, internal, eksternal, Anak, Tinggal Kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Alfan Miko, M.Si |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | s1 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 28 Apr 2022 05:02 |
Last Modified: | 28 Apr 2022 05:02 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102187 |
Actions (login required)
View Item |