HUBUNGAN LAMA PEMAKAIAN KONTRASEPSI PIL KOMBINASI DENGAN TEKANAN DARAH PADA WANITA USIA SUBUR DI KELURAHAN SURAU GADANG WILAYAH KERJA PUSKESMAS NANGGALO PADANG

VICKY, VALERI UTAMI (2014) HUBUNGAN LAMA PEMAKAIAN KONTRASEPSI PIL KOMBINASI DENGAN TEKANAN DARAH PADA WANITA USIA SUBUR DI KELURAHAN SURAU GADANG WILAYAH KERJA PUSKESMAS NANGGALO PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (FULLTEXT)
201410271144th_skripsi pdf vicky valeri utami 1010322025.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hipertensi merupakan kelainan tekanan darah yang paling sering diderita oleh banyak orang di belahan dunia dengan angka kematian diperkirakan mencapai 3 juta orang setiap tahunnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya hipertensi adalah lama pemakaian kontrasepsi pil kombinasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan lama pemakaian kontrasepsi pil kombinasi dengan tekanan darah. Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 57 responden yang diambil secara cluster sampling. Dianalisa secara univariat menggunakan distribusi frekuensi dan bivariat menggunakan spearman. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 52,6% responden memakai kontrasepsi pil kombinasi selama 2-4 tahun dan sebanyak 36,8% responden menderita prehipertensi. Didapatkan hubungan yang bermakna dengan arah positif dan kekuatan lemah antara lama pamakaian kontrasepsi pil kombinasi dengan tekanan darah (p=0,020; r=0,307) dimana konstribusi hubungan lama pemakaian kontrasepsi pil kombinasi dengan tekanan darah sebesar 9,4%. Jadi, semakin lama pemakaian kontrasepsi pil kombinasi maka semakin meningkat tekanan darah wanita usia subur. Disarankan kepada petugas kesehatan untuk tidak memberikan kontrasepsi pil kombinasi bila menemukan akseptor yang memiliki tekanan darah tinggi dan akseptor dianjurkan untuk mengontrol tekanan darah minimal 6 bulan sekali. Kata kunci : tekanan darah, lama pemakaian kontrasepsi pil kombinasi, wanita usia subur. Daftar Pustaka : 56 (1999 – 2014)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 02 Jun 2016 09:55
Last Modified: 02 Jun 2016 09:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10216

Actions (login required)

View Item View Item