Kajian Pemberian Monosodium Glutamat (MSG) dan Natrium Piruvat pada Kultur Spirulina platensis terhadap Produksi Fikosianin

Eva, Musifa (2022) Kajian Pemberian Monosodium Glutamat (MSG) dan Natrium Piruvat pada Kultur Spirulina platensis terhadap Produksi Fikosianin. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR (Penutup))
BAB AKHIR (Penutup).pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img] Text (THESIS FULL TEXT EVA MUSIVA)
THESIS FULL TEXT EVA MUSIFA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Spirulina platensis merupakan salah satu mikroalga yang sering dibudidayakan dan dikembangkan secara komersial. Keunggulan Spirulina platensis adalah mikroalga ini mengandung protein yang mempunyai asam amino essensial yang lengkap, dan mengandung biopigmen fikosianin. Fikosianin berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas, pertumbuhan sel kanker, meningkatkan kekebalan dan stamina tubuh. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh natrium piruvat dan monosodium glutamat (MSG) dari beberapa variasi konsentrasi terhadap laju pertumbuhan, konsentrasi dan rasio kemurnian fikosianin dari Spirulina platensis. Pertumbuhan mikroalga ditentukan dengan mengukur kerapatan sel (optical density) secara spektrometri pada 680 nm, konsentrasi fikosianin dan kemurnian fikosianin dengan mengukur absorban pada 620 nm dan 280 nm. Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan stres metabolik berpengaruh negatif terhadap laju pertumbuhan mikroalga, namun dapat meningkatkan kandungan konsentrasi fikosianin dan kemurnian fikosianin. Nilai konsentrasi fikosianin terbesar diperoleh dengan penambahan 7,5 mM Monosodium Glutamat yakni sebesar 0,116 mg/mL dibandingkan dengan Natrium 10 mM dan kontrol yakni 0,099 mg/mL dan 0,060 mg/mL. Rasio kemurnian fikosianin yang didapat bertindak sebagai foodgrade yakni didapat 2,049 ± 0.159 dan 1,518 ± 0.266 pada MSG dan kontrol, sedangkan pada NP dan MSG+NP sebesar 1,727 ± 0,225 dan 1,938 ± 0,275. Pada penelitian ini menunjukan bahwa Monosodium Glutamat merupakan stres metabolik yang baik dalam pertumbuhan produksi fikosianin dari mikroalga Spirulina platensis dengan cara menekan prekursor yang ada di dalam jalur metabolisme fikobiliprotein. Kata Kunci: Spirulina platensis, fikosianin, stress metabolik, monosodium glutamat, natrium piruvat.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: DR. ARMAINI, MS
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s2 kimia kimia
Date Deposited: 27 Apr 2022 01:52
Last Modified: 27 Apr 2022 04:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102159

Actions (login required)

View Item View Item